PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V DI SD JUARA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, penilaian dan hambatan dalam menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada siswa kelas V di SD Juara Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V, Kepala Sekolah dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran terdiri dari 2 tahapan, yaitu mengenali inteligensi siswa dengan menggunakan TIMI (Test Interest Multiple Intelligences) dan menyusun rencana pembelajaran/ lesson plan. Pada tahap pelaksanaan guru sudah melakukan kegiatan untuk memberikan apersepsi dan motivasi serta melakukan kegiatan-kegiatan berbasis multiple intelligence untuk mengembangkan kesembilan jenis kecerdasan, antara lain: linguistik-verbal, matematis-logis, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan eksistensialis. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan 3 ranah yaitu; 1) kognitif dengan tes lisan, tertulis dan penugasan, 2) afektif dengan observasi, target bulanan dan penilaian diri, 3) Psikomotorik dengan tugas proyek dan praktek. Hambatan yang dialami dalam penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences salah satunya adalah TIMI yang digunakan untuk mengenali kecenderungan inteligensi siswa tidak sedetail MIR (Multiple Intelligences Research) yang dibuat oleh Munif Chatib (Konsultan Pendidikan yang membuat MIR).
Kata kunci: Penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences
Abstract
This research aimed to describe the preparation, implementation, assessment and obstacles in implementation the multiple intelligences based learning in fifth grade students at Juara elementary school. This research is a qualitative descriptive. The subjects of this research is the fifth grade teacher, principal and students of class V. Data collection techniques in this research is observation, interview and documentation. Data analysis techniques in this research using an interactive model by Miles and Huberman with step: data reduction, data display and conclusion. The results showed that the learning preparation consists of two phases, namely the intelligence to recognize the students by using the TIMI (Test Interest Multiple Intelligences) and prepare the lesson plan. During the implementation phase the teachers have done gived apersepsi and motivation activities and also gived activities based multiple intelligence to develop nine types of intelligence, among others: verbal-linguistic, logical-mathematical, visual-spatial, kinesthetic, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalist and existentialist. Authentic learning assessment conducted by using three domains, namely; 1) cognitive tests verbal, written and assignments, 2) affective observation, monthly targets and self-assessment, 3) Psychomotor with project tasks and practice. Constraints experienced in the application of multiple intelligences based learning TIMI one of them is used to recognize the tendency of intelligence students are not as detailed as MIR (Multiple Intelligences Research) made by Munif Chatib (Education Consultant makes MIR).
Keywords: Implementation of multiple intelligences based learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.