PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS III TEMON
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemandirian belajar IPA siswa kelas IV SD Se- Gugus 3, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian belajar IPA bagi siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental bentuk nonquivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD yang ada se-gugus 3 Kecamatan Temon yang berjumlah 121 siswa terdiri dari tujuh SD. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive cluster random sampling sehingga didapatkan kelompok eksperimen adalah SD N Pasirmendit kelas IV yang berjumlah 17 orang dan kelompok kontrol adalah SD N Jangkaran kelas IV yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan terdapat pengaruh positif signifikan penerapan problem based learning terhadap kemandirian belajar IPA. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh signifkansi hitung yaitu 0,024 < 0,05. Kelompok eksperimen memperoleh post test lebih tinggi yaitu 89,647 dibandingkan kelompok kontrol yaitu 81,421.
Kata kunci: problem based learning, kemandirian belajar.
Abstract
This study aims to determine the impact of the problem based learning implementation toward science learning independence of students class IV As Cluster 3, Temon, Kulon Progo. This research is encouraged by the importance of the science learning independence for elementary students. This is a quasi-experimental research with nonequivalent control group design. The study population is all students in class IV As Cluster 3 in Temon with the amount 121 students consists of seven elementary school. The sampling technique used is purposive cluster random sampling, gotten the experimental group i.e. SD N Pasirmendit Class IV with the amount 17 students and the control group is SD N Jangkaran class IV with the amount 19 students. Data collection techniques in this study uses observation and questionnaires. The results show that there is significant positive impact of the problem based learning implementation toward science learning independence. This is proved by the results of t-test at a significance level of 5% obtained count significance 0,024 <0,05. The experimental group gets higher post test i.e. 89.647 compared to the control group 81.421.
Keywords: problem based learning, learning independence.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.