PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KENDALSARI KLATEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 1 Kendalsari Klaten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi. Data dianalisis menggunakandeskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dari segi proses maupun hasil dengan menggunakan media kartu huruf. Peningkatan keterampilan membaca permulaan pada pratindakan adalah 65,55 meningkat menjadi 74,47 pada siklus II.Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan yang sesuai denganlangkah-langkah pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf yaitu: (1) siswa mengamati media kartu huruf yang dipasang guru didepan kelas,(2)siswa diberi contoh menyusun huruf-huruf menjadi kata, (3) siswa memperhatikan guru saat guru membacakan kata dengan kartu huruf, (4) siswa menirukan guru membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat, (5) Siswa disuruh maju ke depan untuk membaca.
Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media kartu huruf, sekolah dasar
Abstract
This research was aimed to improve an early reading skill using aletter card media in 1st grade students of SDN 1 of Kendalsari Klaten. This was a Class Action Research (PTK). The research subjects were 1st grade students numbered 20 consisted of 8 boys and 12 girls. This research design used a Kemmis and Mc. Taggart. Data gathering method used was test, observation.. Data analysis used descriptive qualitative and quantitative ways. The research results showed that the early reading skill of 1st grade students of SDN 1 Kendalsari, Klaten increased in process as well as result facets by using a letter card media. The increase of early reading skill in pre-action was 65.55 became74.47 in 2nd cycle. The increase was based on an early reading skill that was suitable with the early reading skill steps by using letter card media namely: (1) the students observed letter card media installed by teachers in front of class room, (2) the students were given examples of composing letters into words, (3) the students paid attention during teachers read words with letter card, (4) students imitated teacher reading with right pronunciation and intonation, (5) students were asked to go forward to read.
Key word : early reading skills, letter card media, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.