PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI CANGKREP KIDUL KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO

Gayuh Restu Ciptaningrum,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tematik terkait perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di SD Negeri Cangkrep Kidul Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo pada Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di SDN Cangkrep Kidul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi data untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Cangkrep Kidul terkait perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik termasuk dalam kategori baik. Akan tetapi masih ada karakteristik pembelajaran tematik yang belum terpenuhi oleh guru, yaitu guru belum menciptakan pembelajaran yang utuh (holistik). Selain itu dengan berbagai keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, guru mampu menciptakan pembelajaran tematik yang sesuai dengan kurikulum.

Kata kunci: penerapan, pembelajaran tematik


Abstract

This study aims at describing the application of the thematic learning in terms of the planning, implementation and assessment at SD Negeri Cangkrep Kidul, Purworejo District, Purworejo Regency, in the 2016/2017 academic year. The study used the qualitative approach with a descriptive research type. The research subjects were classroom teachers at SDN Cangkrep Kidul. The data in this study were collected by interviews and documentation. The data analysis process started from reviewing all the data from interview results and documentation, followed by reducing the data, presenting the data in tables, and verifying the data to draw conclusions. The data trustworthiness was enhanced by source triangulation. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the application of the thematic learning at SD Negeri Cangkrep Kidul in terms of planning, implementation, and assessment is good. However, there are still thematic teaching characteristics that have not been fulfilled by the teachers; they have not created holistic learning. In addition, with the various limitations of existing facilities and infrastructure, teachers are able to create thematic lessons in accordance with the curriculum.

Keywords: application, thematic learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.