PENGARUH POLA ASUH AUTHORITATIVE TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V SD

Apriliani Dyah Purbosiwi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran variabel kecerdasan emosi dan pola asuh authoritative pada siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara serta mengetahui pengaruh pola asuh authoritative terhadap kecerdasan emosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo berjumlah 96 siswa. Data diperoleh dengan skala pola asuh authoritative dan kecerdasan emosi. Validitas dan reabilitas instrumen diuji menggunakan rumus alpha cronbach dengan bantuan program SPSS. Kriteria butir valid adalah > 0,3. Hasil reliabilitas masing-masing instrumen adalah 0,673 untuk skala pola asuh authoritative dan 0,894 untuk skala kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kecerdasan emosi sebagian besar siswa (69,79%) berada pada kategori sedang (2) pola asuh authoritative yang diterapkan kepada sebagian besar siswa (72,92%) berada pada kategori sedang (3) pola asuh authoritative berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosi (sig=0,00). Besar sumbangan pola asuh authoritative terhadap kecerdasan emosi sebesar 37,5% (R2=0,375).

Kata kunci: kecerdasan emosi, pola asuh authoritative

 

Abstract

This research aims to get the overview of authoritative parenting style and emotional intelligence variables of the state primary school 5th grade students in Ki Hajar Dewantara Group and also to knew the effect of authoritative parenting style towards the emotional intelligence. This research was a quantitative research with ex-post facto design. This research’s subject was 96 5th grade students of state primary school in group of Ki Hajar Dewantara. The instrument used for collecting data was authoritative parenting style and emotional intelligence scale. The instrument’s validity and reliability was tested by alpha cronbach formula with SPSS program assist. When r value > 0,3 then item was valid. The result of reliability for each scale was 0,673 for authoritative parenting style and 0,894 for emotional intelligence. Data was analyzed using descriptive analyze and simple regression technique. This research had result: (1) mostly students (69,97%) were in the middle category of emotional intelligence (2) mostly students (72,92) had middle category of authoritative parenting style (3) authoritative parenting style took effect positively toward emotional intelligence (sig=0,00). Authoritative parenting style amount of donation towards the emotional intelligence was 37,5%.(R2=0,375).

Keywords: authoritative parenting style, emotional intelligence

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.