PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING
Abstract
Abstrak
Penelitian ini disusun untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas V di SD Negeri Serang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan guru dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V. Objek penelitian adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran IPS menggunakan metode mind mapping. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Serang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa dari pratindakan sebesar 23% meningkat menjadi 77% pada siklus I.
Kata kunci: hasil belajar, metode mind mapping.
Abstract
This research aims to enchacement social study's learning outcome using mind mapping method to fifth graders of SD Negeri Serang. The kind of this research was collaborative class action research between researcher and teacher by using Kemmis and Mc Taggart model. The subject of this research was fifth graders. The object of this research was social study's learning outcome. Technique used to collect data were test and observation. Technique of data analysis that used were qualitative and quantitative description with percentage technique. The result of this research showed that student's learning outcome of social study could be enchacement d by mind mapping method. The enchacement of social study's learning outcome at SD Negeri Serang fifth grader students were showed by enchacement the percentage of student's succes before the action with values 23% increased to 77% in cyclus I.
Keywords: learning outcome, mind mapping method
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.