MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V

Dimas Ginanjar,

Abstract


Abstrak

Pembelajaran akan bermakna apabila guru melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas V SD N Ngluwar 1 Kecamatan Ngluwar Magelang. Penelitian  ini  adalah  penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya Pembelajaran Matematika Realistik pada proses pembelajaran matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika. Kualitas proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase partisipasi siswa dari siklus I sebesar 74,39% menjadi 88,56% pada siklus II. Meningkatnya hasil belajar matematika dapat dilihat dari pra tindakan menunjukkan bahwa sebanyak 8 siswa (21,62%) telah mencapai KKM kemudian pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (51,35%) dan pada siklus II meningkat menjadi 32 siswa (86,5%).

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistik

 

Abstract

Learning will be meaningful if the teacher involves the students directly in the learning process. The observation showed that the teacher had not involved the students yet directly in the learning process so mathematic achievement result of students is still low. This research aims to improve students’s mathematic learning achievement with realistic mathematic learning for fifth grade class of SD N Ngluwar 1 Kecamatan Ngluwar Magelang. This research was a kind of classroom action research which was collaborated with the teacher. This research design used modified Kemmis & McTaggart model in 2 cycles consisting of planning, action, observation, and reflection. The subject of the research was 37 fifth grade students. The object of the research is mathematic achievement result with realistic mathematic learning. Data collecting techniques were test and observation. Data analysis techniques were quantitative description and qualitative description. The research showes that applying realistic mathematic learning in mathematic learning process of arithmetic operation material can improve process quality and mathematic learning achievement. Learning quality process was reflected on the improvement of students’ participation percentage in the first cycle from 74,39% to 88,56% in the second cycle. The improvement of mathematic learning achievement can be found in pre action step showing 8 students (21,62%) had achieved minimum mastery criteria then it become 19 students (51,35%) in the first cycle and 32 students (86,5%) in the second cycle.

Keywords: mathematic learning achievement, realistic mathematic learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.