PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA

Siti Nur Aghniatul Khoiriyah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 5. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 42 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah beda mean dan gain normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V. Nilai rata-rata hasil post-test kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 75,33, sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 60,45. Hasil perhitungan gain normalitas kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol, yakni 0,56 (kriteria sedang) lebih besar dari 0,26 (kriteria rendah), artinya bahwa terdapat penggunaan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 5.

Kata kunci: penemuan terbimbing, kemampuan berpikir kritis.


Abstract

This aim of this research is to know the influence of guided discovery method on the critical thinking ability on Sains in the fifth grade students of SD Negeri Kalinegoro 5. This research was a quasy experiment design with nonequivalent control group design. The population were 42 fifth graders. The data was collected through tests and observations. The data analysis was done by comparing the mean of the initial and final scientific attitudes scores of both groups and normalized gain. The result of the research show the effect of guided discovery on the fifth graders’ critical thinking on science in SD Negeri Kalinegoro 5. The average scores acquire using tests of the experimental and control group are 75,33 and 60,45. The result of critical thinking ability using normalized gain of experiment and control group are 0,56 (middle-g) and 0,26 (low-g) . In conclution, there is an influence of guided discovery learning on the fifth graders’ critical thinking on science.

Key words: guided discovery, critical thinking.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.