PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA KELAS V SDN 2 BRANGKAL MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING PROCESS

Giana Wulandari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Brangkal dengan menerapkan metode Outdoor Learning Process. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Brangkal yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar. Pada tahap pra tindakan diperoleh skor rata-rata minat belajar IPA siswa sebesar 54,96. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata minat belajar IPA siswa meningkat menjadi 70,04 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,96. 

Kata kunci: minat belajar, Outdoor Learning Process


Abstract

This research aims to improve the student’s interest of  study about sciences at grade V SDN 2 Brangkal used Outdoor Learning Process method. This type of research is a classroom action research. The subject of this research were 24 students at grade V SDN 2 Brangkal. Data was collected by questionnaire and observation. The data analisys techniques used qualitatif and quantitative. The result is shows that student’s interest to study was improve. Before using this research, student’s score average of interest is about 54,96. After using this method in cycle I student’s score is improve to 70,04 and improve to 75,96 in cycle II. 

Keywords : Sciences’s Interest, Outdoor Learning Process


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.