PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN PERSEPSI POLA ASUH PERMISIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan emosi terhadap motivasi belajar siswa; (2) besarnya pengaruh persepsi pola asuh permisif terhadap motivasi belajar siswa; (3) dan pengaruh kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh permisif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD se-Kecamatan Pengasih. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel penelitian berjumlah 239 iswa yang diambil melalui teknik proportional sample dari populasi sebanyak 529 siswa. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh antar variabel menggunakan korelasi parsial, korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 3,65%; 2) kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 1,95%; 3) kecerdasan emosi dan persepsi pola asuh permisif secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 5,6%.
Kata kunci: kecerdasan emosi, persepsi pola asuh permisif, motivasi belajar
Abstract
The aims of the research are (1) determine the influence of emotional intelligence to students’ learning motivation;(2) the influence of permissive parenting perception to students’ learning motivation; (3) and the influence emotional intelligance and permissive parenting perception to students’ learning motivation in the Pengasih District. This research used quantitative approach with ex-post facto method. The sample of this research was 239 students from the population of 529 students and taken through proportional sample technique. Data analysis techniques used partial correlation test, multiple correlation test, and multiple regression analysis. The results show that: 1) emotional intelligence has a significant effect on students’ learning motivation with contribution 3,65%; 2) permissive parenting perception have a significant effect on learning motivation with contribution 1,95%; 3) emotional intelligance and permissive parenting perception together have a significant effect on students’ learning motivation with contribution 5,6%.
Keyword :emotional intelligance, permissive parenting perception, learning motivation
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.