PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MELAKUKAN PERCOBAAN IPA

Suci Istakarini,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir dalam melakukan percobaan pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Se-gugus IV Kecamatan Karanganom. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian  nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 16 siswa (kelompok eksperimen) dan 11 siswa (kelompok kontrol). Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kritis dalam melakukan percobaan dan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 74,62 dan rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 65,28. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,260 lebih besar ttabel yaitu 1,708 dengan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dalam melakukan percobaan.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis dalam Melakukan Percobaan.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of guided inquiry implementation on critical thinking ability in performing the experiment of cluster V Elementary School grade IV of Karanganom Sub- district, Klaten Regency. This type of research was a quasi experiment research design with a nonequivalent control group design. The sample consisted of 16 students (experimental group) and 11 students (control group). Instrument of research used a test of critical thinking ability in performing the experiment and observation sheet. The result showed that the everage value of the post-test experimental group was 74.62 and the average post-test control group was 65.28. The result of t-test showed that tcount was 2,260 bigger than ttable that was 1,708 with 5% significance level, then the alternative hypothesis (Ha) was accepted. This showed that there was a positive and significant influence guided inquiry implementation on critical thinking ability in performing the experiment of science.

Keyword (s): Guided inquiry learning, critical thinking ability in performing the experiment.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.