PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR

Restu Fitria Dalu Aji,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan regulasi diri secara parsial maupun simultan terhadap tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 591 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 238 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh parsial dan uji regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar siswa dengan sumbangan 26,69%; 2) regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar dengan sumbangan 18,51%; dan 3) efikasi diri dan regulasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab belajar siswa dengan sumbangan 45,20%.

Kata kunci: Tanggung Jawab Belajar, Efikasi Diri, Regulasi Diri


Abstract

This study aims at determine the effect of self efficacy and self-regulation partially or simultaneously to the responsibility of students’ learning in science. This research used ex post facto quantitative approach. The population in this research were all third grade students in Pengasih District, Kulon Progo with the total of 591 students, and 238 students were taken randomly as the sample using Slovin formula. Data analysis used partial effect test and multiple regression analysis technique. The result of the research show that: 1) the effect of self-efficacy on students’ learning responsibility is 26.69%; 2) the effect of self-regulation on students’ learning responsibility is 18,51%; and 3) the effect of self-efficacy and self-regulation on students’ learning responsibility is 45,20%.

Keywords : Learning Responsibility, Self Efficacy, Self Regulation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.