PENINGKATAN PERHATIAN SISWA KELAS III MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DI SD NEGERI TOTOGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran IPS dan (2) meningkatkan perhatian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Totogan yang terdiri dari 16 siswa. Objek penelitian yakni perhatian siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Data kuantitatif dianalisis dengan statisik deskriptif. Data kualitatif dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dapat meningkatkan proses pembelajaran IPS dan meningkatkan perhatian siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas belajar siswa yang telah sesuai dengan indikator siswa yang memiliki perhatian yang baik. Presentase perhatian siswa sebesar 87,5% masuk dalam kategori perhatian baik. Sebelum mendapat tindakan rata-rata perhatian sebesar 59,37% dan di siklus I rata-rata 69,75%, pada siklus II meningkat menjadi 81,64%.
Kata Kunci: perhatian siswa, media video
Abstract
This research aim to: (1) improve the social studies learning process (2) improve the students attention. The research is a collaborative action research using Kemmis and Mc Tagart model. The research was conducted in the 3rd grade of Totogan elementary school which consists of 16 students. The object of the research is the students attention. The collecting data technique used observation. The quantitative data were analyzed with descriptive statistics. The qualitative data were analyzed with descriptive qualitative. The result showes that used of media video in social studies can improve the process of social science learning and improve the students attention. It can be seen from the students learning activities which is appropriate with the students indicators who have a good attention. The percentage of students attention at 87,5% falls into category of good attention. Before getting an average action of 59,37% attention and in cycle I average 69,75%, in cycle II icreased to 81,64%.
Keywords: students attention, media video
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.