PENGARUH PENGUATAN POSITIF TERHADAP PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN SANDEN

Realita Mahanani,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat penguatan positif pada siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sanden, 2) tingkat percaya diri pada siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sanden, dan 3) pengaruh penguatan positif terhadap percaya diri pada siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Sanden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala bertingkat. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat penguatan positif pada siswa kelas V SD Negeri se – Kecamatan Sanden berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 66,8% ; (2) tingkat percaya diri pada siswa kelas V SD Negeri se – Kecamatan Sanden berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 65,2% ; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguatan positif dan terhadap percaya diri pada siswa kelas V SD Negeri se – Kecamatan Sanden.

Kata kunci: penguatan positif, percaya diri, sekolah dasar, Kecamatan Sanden

 

Abstract

The aims of this research are to investigate about: 1) the level of positive reinforcement in grade v student of elementary school of Sanden District, 2) the level of self-confidence in grade v student of elementary school of Sanden District, and 3) the effects of positive reinforcement on self-confidence in grade v student of elementary school of Sanden District. Sample was selected by proportional random sampling technique. Data was analyzed by rating scale method. The results of this research show 1) the level of positive reinforcement in grade v student of elementary school of Sanden District is on medium category with a percentage of 66,8%, 2) the level of self-confidence in grade v student of elementary school of Sanden District is on medium category with a percentage of 65,2%, and 3) there are positive and significant effects between positive reinforcement on self-confidence in grade v students of elementary school in the Sanden District.

Keywords: positive reinforcement, self-confidence, elementary school, Sanden District


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.