HUBUNGAN MINAT DAN EFIKASI DIRI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PKN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan efikasi diri dengan kedisiplinan belajar PKn siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex- post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 592 siswa dan diambil sampel sebanyak 239 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan Area sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala psikologi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar memiliki hubungan dengan kedisiplinan belajar dengan sumbangan 34%; 2) efikasi diri memiliki hubungan dengan kedisiplinan belajar dengan sumbangan 37%; 3) minat belajar memiliki hubungan dengan efikasi diri dengan sumbangan 57%; dan 4) minat belajar dan efikasi diri memiliki hubungan terhadap kedisiplinan belajar siswa secara bersama-sama dengan sumbangan sebesar 40,40%.
Kata kunci: minat belajar, efikasi diri, kedisiplinan belajar
Abstract
The purpose of this study was to examine the influence of interest and self efficacy on students’ Civic Education learning discipline. This study used quantitative approach with ex-post facto method. The population of this study was 592 elementary students grade IV in Pengasih, Kulonprogo. The sample was 239 students who were determined by Slovin formula. The sampling used area sampling. Instrument of the study used phsycological scale. The prerequisites test of the analysis were normality test, linearity test, and multicolinearity test. The technique of data analysis used was multiple correlation analysis. The results of the study show that: 1) learning interest correlate significantly on students’ learning discipline that was 34 %; 2) self efficacy correlate significantly on students’ learning dscipline that was 37%; 3) learning interest correlate significantly on self efficacy that was 34 %; and 4) learning interest and self efficacy correlate significantly on learning discipline that was 40,40%.
Keywords: learning interest, self efficacy, learning discipline
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.