PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DI SDN NOMPOREJO

Destiani Pratiwi,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SDN Nomporejo melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Nomporejo yaitu 5 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 54,67, siklus I sebesar 79,25 dan pada siklus II sebesar 91,47. Tingkat ketuntasan pada pra siklus adalah 20% pada siklus I menjadi 53,34% dan pada siklus II menjadi 100%. Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 67,301% menjadi 87,932%.

Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe NHT


Abstract

This research aimed to explain about improving of Mathematics in grade IV SDN Nomporejo through NHT type of Cooperative Learning Model. The type of this research was a classroom action research. The design of the research was Kemmis and Mc Taggart model. The subjects of the research were 5 male students and 10 female students grade IV in SD N Nomporejo. The data were collected through observation and test. The data obtained than analyzed by using qualitative and quantitative descriptive techniques. The result of this research average learning outcomes from pre cycle 54,67, cycle I 79,25 and on cycle II 91,47. The passing degree which were 20% in the pre cycle increased to 53.34% in cycle I and in cycle II to 100%. The NHT type of cooperative learning model could also increased the students participation in the learning process, that was 67.301% in cycle I increased to 87.932% in cycle II.

Keywords:learning outcomes, NHT type of cooperative learning model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.