IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KARAKTER RELIGIUS DAN PEDULI SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI PUSMALANG

Khoiria Himawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik yang terintegrasi dengan pendidikan karakter yang terfokuskan dalam karakter religius dan peduli sosial di kelas IV SD N Pusmalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan tiga peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik berbasi karakter religius dan peduli sosial terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/penilaian. Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru sudah menunjukkan pengintegrasian karakter religius dan peduli sosial. Dalam proses pembelajaran tematik guru telah mengembangkan dan menanamkan karakter religius dan peduli sosial. Guru menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, ceramah, dan penugasan untuk mengintegrasikan nilai karakter ke dalam pembelajaran tematik. Setiap saat guru menilai dan mengevaluasi sikap yang ditunjukkan peserta didik saat proses pembelajaran 

Kata kunci: implementasi, pembelajaran tematik, karakter religius, karakter peduli sosial.


Abstract

This study aims to describe the implementation of integrated thematic learning with character building focused on religious and social care character in the fourth grade students at SD Negeri Pusmalang. This was a qualitative research. The subjects were teacher and three students of fourth grade. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. Data were analyzed using Miles model and Huberman. The validity of the data was obtained through source and technique triangulation. The result of the research shows that the implementation of thematic learning of religious and social care character consists of planning, implementation, and evaluation/assessment. The lesson plan used by teacher has already show the integration of religious and social character. In the thematic learning process the teacher has develop and inculcate a religious and social care character. The teacher uses exemplary methods, habits, lectures, and assignments to integrate the value of the characters into thematic learning. Teacher assesses and evaluates the attitudes shown by learners during the learning process. 

Keywords: implementation, thematic learning, religious character, social caring character.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.