PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD se-Gugus III Kecamatan Jatinom. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa Quasy Experimental Desain Type Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa (kelompok eksperimen) dan 20 siswa (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal uraian tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test kelompok ekesperimen sebesar 86,90 dan rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 78,19. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,912 lebih besar dari ttabel yaitu 1,685 (4,192 > 1,685).
Kata kunci: model Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah
Abstract
The aim of this research is to determine the effect of Discovery Learning Model on critical thinking ability in problem solving on science learning of grade V students at Cluster III Distric in Jatinom Regency. This type of research was an experiment research in the form of Quasy Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design. Research sample was purposive cluster random sampling techniques. The study sample consisted of 21 students (experiment group) and 20 students (control group). Data collecting techniques used in this study were test and observation. The data collection instrument in this research was the description of the critical thinking skills test. The results show that the implementation of discovery learning has a positive and significant influence on critical thinking ability in problem solving on science learning of grade V elementary school students in cluster III Jatinom district, Klaten. This was showed by the mean of post-test experimental group was 86.90 and the mean post-test control group was 78.19. The result of t-test shows that tcount was 4,912 bigger ttable that was 1.685 (4.192> 1.685).
Keywords: Discovery Learning Model, Critical thinking ability in problem solving
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.