PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang layak digunakan untuk materi unggah-ungguh pada mata pelajaran bahasa Jawa kelas III SD Negeri Karangrejek II di Gunungkidul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg dan Gall melalui 9 langkah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang telah dikembangkan dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi unggah- ungguh mata pelajaran bahasa Jawa kelas III SD. Validasi terakhir dari segi materi memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kriteria “sangat baik”. Validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan kriteria “baik”. Hasil uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,37 dengan kriteria “sangat baik”. Uji coba lapangan utama yang memperoleh skor rata-rata 4,485 dengan kriteria “sangat baik”. Uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kriteria “sangat baik”.
Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, bahasa Jawa
Abstract
This research aims to produce instructional media in the form of interactive multimedia that is eligible to using for unggah-unggah material on the subject of Javanese language 3rdClass of SD Karangrejek II Gunungkidul. This research includes the type of Research and Development using the Borg and Gall model through 9 steps. Data collection techniques using questionnaire. Analitical data techniques using quantitative descriptive statistics. The result of research show that interactive multimedia which has been developed can to be worth of use as a media learning on the material of unggah-ungguh Javanese language course 3rdClass of elementary school. Final validation in terms of material obtain an average score 4,3 with “primely” criteria. Final validation in terms of media obtain an average score 4,2 with “fine” criteria. The result of preliminary field testing get an average score 4,37 with “primely” criteria. The main field testing get and average score 4,485 with “primely” criteria. The operational field testing get an average score 4,6 with “primely” criteria.
Keyword: development, interactive multimedia, Javanese language
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.