ANALISIS KETERAMPILAN PROSES IPA DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK- TERPADU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses IPA dasar dalam pembelajaran tematik-terpadu pada siswa kelas IV B di SD Percobaan 4 Wates. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan siswa. Data yang diambil berupa data perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi siswa, serta faktor pendukung dan penghambat. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran tidak jauh berbeda dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam melatihkan keterampilan proses, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok kecil dan besar, menelaah keterampilan proses yang digunakan siswa, mendorong adanya review bersama siswa, menggunakan metode, alat dan media pembelajaran. Keterampilan proses IPA dasar yang dilatihkan berbeda antara perencaanaan dan pelaksanaannya. Pada perencanaan, guru melatihkan keterampilan mengamati, mengkomunikasikan, dan menginferensi. Sedangkan dalam pelaksanaan, guru juga melatihkan keterampilan memprediksi. Keterampilan yang ditunjukkan siswa yaitu mengamati, mengkomunikasikan, menginferensi, dan memprediksi. Faktor pendukungnya yaitu: antusias siswa yang tinggi, usaha keras guru dalam mempersiapkan pembelajaran, alat dan media yang cukup memadai, dan tersedianya buku guru. Faktor penghambatnya yaitu: sebagian besar siswa kurang percaya diri, keluhan guru yang merasa kesulitan dalam melatihkan keterampilan proses, penyimpanan alat dan media yang tidak teratur dan jumlahnya terbatas, serta melatihkan keterampilan proses yang tergantung pada materi.
Kata kunci: Keterampilan proses IPA dasar
Abstract
This research aims to analyze basic science process skills on thematic-integrated learning of VI B students at SD Percobaan 4 Wates. This research used qualitative descriptive method with teacher and students as the subjects. The data were gathered from lesson plan, lesson implementation, students’ evaluation, supporting and inhibitory factors. The data validation test used triangulation of source and triangulations technique. Data analysis technique used data reduction, data display, and conclusion. The results show that teacher implementing of lesson aren’t much different from the plan of lesson. In teaching science process skills, the teacher give students a chance to discussion in small and large groups, evaluated students’ science process skills, had a review together, and used a method and learning toolkits. There are differential basic science process skills on implementation and planning. In planning, the teacher teach observing, communicating, and inferring skill. In the implementation, the teacher also teach predicting skill. Students show observing, communicating, inferring, and predicting skill. The supporting factors in this study are students’ high enthusiasm, the teacher’s hard work in learning preparation, the sufficiency of learning toolkits, and the availability of teacher’s guide. And the inhibitory factors are students’ lack of confidence, teacher’s complaints in teaching process skill, in placing the learning toolkits nomadically and its amount which was in limit, and in teaching science process skills which depends on the material.
Keywords: Basic science process skills
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.