PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I

Wahyu Dias Pamungkassari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SD Negeri 2 Ambalresmi Ambal Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Ambalresmi yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan pada siklus I sebesar sebesar 5,7, yang kondisi awal 68,6 meningkat menjadi 74,3. Peningkatan juga ditunjukan pada siklus II sebesar 12
yang kondisi awal 68,6 menjadi 80,6. Selain itu, siswa terlihat lebih aktif dalam pembelajaran pada tiap siklusnya.

Kata kunci : membaca permulaan, media flashcard, Sekolah Dasar


Abstract

The research was aimed to improve the early reading skill through flashcard towards the first grade students of SD Negeri 2 Ambalresmi, Ambal, Kebumen. The research was classroom action research which was done in two cycles. The subject of this research were the students of SD Negeri 2 Ambalresmi grade 1 which consist of 14 male students and 15 female students. The technique of data colleting were: 1) test, 2) observation, and 3) documentation. The technique of data analysis were quantitative and qualitative descriptive. The result shows that the use of flashcard
can improve the early reading skill. The average scores from the first cycle improved for 5.7 which in the first condition were 60,6 became 74.3. The improvement also showed in the second condition for 12 which in the first
condition were 60,6 became 80,6. Besides, based on the observation, the student were more active in learning process for each cycle.

Keywords: early reading, flashcard, Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.