PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT MATA PELAJARAN IPS KELAS V
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model cooperative learning tipe TGT pada mata pelajaran IPS kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Kepurun yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Kepurun pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan model cooperative learning TGT. Pada siklus I keaktifan siswa mencapai 68,65% dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 84,63%. Hasil angket juga menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata 76,6 pada siklus I dan
meningkat menjadi 80,2 pada siklus II.
Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran IPS, cooperative learning tipe TGT.
Abstract
This research aim to improve the students activities through TGT type cooperative learning model in social studies of fifth grade students. This research was a classroom action research. The subject of this research were the students of fifth grade at SD Negeri 1 Kepurun. The research consisted of two cycles. Each cycle consisted of four steps: planning, acting, observing, and reflecting. The techniques of data collection were using observation,
questionnaire, and documentation. The collected data then analyzed both qualitatively and quantitatively descriptive. The result show that the students activities in social studies are increase after using TGT type cooperative learning model. In the first cycle the students activities gain 68,65%, and after revising in cycle II the result has increase up to 84,63%. Questionnaire result also show there is an increase from 76,6 average in first cycle and increase up to 80,2 in second cycle.
Keywords: Student activities, social studies, TGT type cooperative learning model
Refbacks
- There are currently no refbacks.