PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PETA PIKIRAN KELAS V

Isnanda Ariztasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk memperbaiki proses pembelajaran pada muatan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V SDN Bulakan 02 Sukoharjo, dan (2) untuk meningkatkan prestasi belajar muatan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui metode peta pikiran (mind map) SDN Bulakan 02 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode mind map atau peta pikiran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa muatan pendidikan kewarganegaraan (PKn). Hasil siklus I menunjukkan ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat pada kategori cukup menjadi 23 siswa (67,65%). Hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan prestasi belajar siswa pada kategori baik menjadi 28 siswa (82,35%).

Kata kunci: prestasi belajar, mind map, pendidikan kewarganegaraan

 

Abstract

The purposes of this research are (1) to improve the process of civic education’s learning in grade at SDN Bulakan 02 Sukoharjo and (2) to improve civic education performance in   grade through mind map method at SDN Bulakan 02 Sukoharjo. The type of the research was classroom action research. The model of the research was Kemmis and Mc. Taggart. Tes, observation and documentation were used to collect the data. In each cyle of this research used some step, there were plan, act, observe, and reflect. Qualitative descriptive and quantitative descriptive were used to analyse the data. The result of the research shows that mind map method can improve civic education performance. At  cyle shows the increasing of performance thorough up to 23 students (67,65%) in prosperous’s category. The result from  cyle to  cyle shows the improving of performance thorough up to 28 students (82,35%) in good’s category. 

Keywords: performance, mind map, citizenship education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.