PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL

Nikita Mulyawati,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar melalui metode ceramah terhadap prestasi akademik dan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri kelas V Gugus III Kecamatan Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 176 siswa. Skala digunakan untuk mengumpulkan data mengenai keterampilan mengajar melalui metode ceramah dan kecerdasan emosional. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi akademik. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan mengajar melalui metode ceramah dengan prestasi akademik siswa, dengan nilai signifikansi 0,001<0,05, dan kontribusi R2 sebesar 6,1%. (2) terdapat pengaruh signifikan antara keterampilan mengajar melalui metode ceramah dengan kecerdasan emosional siswa, dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, dan kontribusi R2 sebesar 18,7%.

Kata Kunci: keterampilan mengajar , prestasi akademik, kecerdasan emosional.

 

Abstract

This research aims to find out the effect of teaching skills with lecture method on academic achievement and emotional intelligence on 5th grade students of cluster III, Kotagede subdistrict of Yogyakarta. This research used a quantitive approach to the type of research is expost facto. Population in this research were all students in 5th grade of public elementary school students on cluster III, Kotagede subdistrict of Yogyakarta which amounts to 176 students. Scale used to collect the data about teaching skills with lecture method and emotional intelligence. Documentation used to collect the data about academic achievement. The validity test used Product Moment and reliability test used Alpha Cronbach. Data analysis techniques used simple regression analysis. The result of simple regression analysis shows that: (1) there is significant effect between teaching skills with lecture method and academic of students, indicated by the value of significance 0,001 < 0,05, and R2 contribution of 6,1% (2) there is significant effect between teaching skills with lecture method and emotional intelligence of students, indicated by the value of  significance 0,000 < 0,05, and R2 contribution of 18,7%.

Keywords : teaching skills, academic achievement, emotional intelligence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.