PENGARUH JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V

Deni Noviani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan interpersonal siswa kelas V SD Se- Gugus IV Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model cooperatif learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan interpersonal siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive random sampling sehingga diperoleh SD N 1 Janturan sebagai kelompok eksperimen dan SD N 2 Janturan sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil skala kemampuan interpersonal siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan skala dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan interpersonal siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test yaitu taraf signifikansi 0,045<0,05.

Kata  kunci:  Model  Cooperative  Learning  tipe  Jigsaw  dalam  Pembelajaran IPA,  Kemampuan Interpersonal

 

Abstract

The aim of this research is to determine the effect of Jigsaw Model, one of the cooperative learning models, in science teaching and learning process toward interpersonal skills of grade V students at Cluster IV District in Kulon Progo Regency. This study was a quasi experiment. The independent variable was Jigsaw Model in science teaching and learning process, while the dependent variable was students’ interpersonal skills. The sampling technique used purposive random sampling. The samples were Elementary School 1 Janturan as the experimental group and Elementary School 2 Janturan as the control group. The data collection technique used interpersonal skills scale and learning implementation observation. Hypothesis testing used t-test formula preceded by prerequisite analysis, normality and homogeneity tests. The results of this research shows that there is positive and significant effect of Jigsaw model implementation in science teaching and learning process toward students’ interpersonal skills. This is indicated by the t-test that the significance level is 0,045<0,05.

Keywords: Cooperative Learning Model in Science Learning Jigsaw, Interpersonal Skills


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.