PENINGKATAN PRESTASI BEAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri Imogiri pada tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 22 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data observasi pemelitian tindakan kelas dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Nilai rata-rata pada prasiklus mencapai 68,8 meningkat menjadi 69 pada siklus I dan 77,2 pada siklus II. Presentase siswa yang mencapai KKM meningkat dari 44% pada prasiklus menjadi 51,3% pada siklus I dan 87,2% pada siklus II. Hasil analisis menunjukkan peningkatan prestasi belajar IPA sebesar 8,2.
Kata Kunci : metode eksperimen, prestasi belajar IPA.
Abstract
This research aims at improving achievement in learning science through the implementation of eksperimen method of five grade students at SD N Imogiri Bantul on the academic year 2016/2017. This type of research used a classroom action research. The subject were students in five grade totaling 39 students. Data collection techniques used observation, test and documentation. Data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive. The result show that the use of eksperimen method can enchance achievement in learning sience. Average value on pre cycle reached 68,8 rising to 69 in first cycle and 77,2 in second cycle. Percentage students who can passing the limit also increasefrom 44% in pre cycle to 51,3% in first cycle and 87,2% in second cycle. Result of analysis show enhancement achievement in learning science as big as 8,2.
Keywords: eksperimen method, achievement in learning science.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.