PENGARUH PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Devi Kusumaningrum,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Muhammadiyah Gamplong. Desain penelitian adalah Quasi Experimental dengan rancangan Nonrandomized Control Grup Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas VA sebagai kelompok kontrol dan 14 siswa kelas VB kelompok eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes, dokumentasi, dan lembar observasi. Teknik analisis data ranah kognitif menggunakan uji normalized gain, sedangkan ranah afektif dan psikomotor menggunakan skor akhir. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penerapan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Muhammadiyah Gamplong. Hasil rerata gain  score ranah kognitif pada kelompok eksperimen sebesar 0,56 dengan kriteria sedang dan kelompok kontrol 0,21 dengan kriteria rendah. Perbandingan hasil belajar ranah afektif adalah 3,60 dengan kriteria sangat baik untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 3,1 dengan kriteria baik. Pada ranah psikomotor nilai rerata kelompok eksperimen sebesar 3,42 dengan kriteria sangat baik dan kelompok kontrol sebesar 2,62 dengan kriteria baik. 

Kata kunci: model Quantum Teaching, hasil belajar, IPA. 

Abstract

The aim of the research is to know the effect of implementing Quantum Teaching toward science learning outcomes in 5th  grade students of SD Muhammadiyah Gamplong. Design of this research was  Quasi Experimental with Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. The subject of the research were 14 students 5A as  control class group and 14 students 5B as experimental class group. Instrument that used were test, documentation, and observation sheet. Data analysis technique at cognitive used normalized gain, meanwhile for  affective and psycomotor used  final score. The result show that there is a positive effect use Quantum Teaching toward science learning outcomes in 5th  grade students. Gain score average at cognitive in experimental class group obtain 0,56 with medium  criteria and control class group obtain 0,21 with low criteria. Ratio of learning outcomes in affective are 3,60 with very good criteria  for experimental class group and control class group obtain 3,1 with good criteria. At psycomotor average score of experimental class group obtain 3,42 with very good criteria and control class group obtain 2,62 with good criteria.  

Keywords: Quantum Teaching model, learning outcome, Science 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.