MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA DENGAN METODE SOSIODRAMA

Reni Varistin,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita Bahasa Jawa dengan metode sosiodrama pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Nglatihan tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi dan video. Sebelum digunakan, tes divalidasi menggunakan validasi isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan bercerita Bahasa Jawa. Peningkatan terlihat dari persentase jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM (72).  Sebelum dilakukan tindakan, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM masih rendah yaitu 16,67%. Setelah dilakukan tindakan siklus I, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 33,33%. Pada akhir siklus II, persentase jumlah siswa yang mencapai KKM semakin meningkat menjadi 75% sehingga mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan.

Kata kunci: keterampilan bercerita, metode sosiodrama

 

Abstract

This research aims at improving Javanese language storytelling skills through the implementation of sociodrama method of fourth-grade student at SD Muhammadiyah Nglatihan on the academic year 2015/2016. This type of research used a classroom action research. The subjects were 12 fourth-grade students. Data collection techniques used observation, test and video. Data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive. The results show that use of sociodrama method can enhance Javanese language storytelling skill. Before the cycle is 16,67%, in the first cycle increase to 33,33% and in the second cycle is being 75% so that achieve a predetermined success criteria.

Keywords: storytelling  skill, sociodrama method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.