PENGARUH PENGGUNAAN KARTU POSINEGA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu posinega terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Negeri Sinduadi 1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sinduadi 1. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes dianalisis menggunakan perbandingan mean dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan kartu posinega terhadap hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Negeri Sinduadi 1. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai mean posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh 80,74 > 68,82 dan berdasarkan hasil uji gain, diperoleh mean pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 19,63 > 8,97.
Kata Kunci: Kartu Posinega, Penjumlahan, Pengurangan, Bilangan Bulat
Abstract
This research aims to investigate the influences of the use of Posinega Cards to the result of learning integers at fourth grade students of SD Negeri Sinduadi 1. This was a quasi-experimental study employing the nonequivalent control group design. The research population comprised Grade IV students ot SD Negeri Sinduadi 1. This was a population research.. The data were collected through tests and observations. The tests were analyzed by using compared mean and gain test. The result shows that there is a positive influence of the use of posinega cards of mathematics matter addition and subtraction integers at fourth grade of SD Negeri Sinduadi 1. This was evidenced by the mean result of the posttest between experimental group and control group obtain 80,74 > 68,82 and based on the results of the gain test between experimental group and control group obtain 9,63 > 8,97.
Keywords: Posinega Cards, Addition, Substraction, Integers
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.