PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING TIPE TALKING STICK

Umi Muslimah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS menggunakan active learning tipe talking stick pada siswa kelas VA SD N Baciro, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning tipe talking stick dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata – rata dan  persentase ketuntasan belajar pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II.  Pada pra tindakan, nilai rata – rata siswa yaitu 6,65 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 23,8%. Pada siklus I, nilai rata – rata meningkat menjadi 7,71 dan persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 66,67%. Pada siklus II, nilai rata – rata meningkat lagi menjadi 85,6 dan persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 90,48%.                                                                              

Kata kunci: prestasi belajar, IPS, active learning tipe talking stick

 

Abstract

This research aims at improving learning achievement on social studies through active learning type talking stick implementation at the VA grade students in SD N Baciro, Yogyakarta. This type of research was the Classroom Action Research (PTK). Model of the research used models Kemmis and Mc. Taggart. Data collecting methods used test, observation, and field note. The data analyzed technique used  quantitative descriptive. The results shows that active learning type tallking stick on social studies can improve learning achievement. This was showed by average scores and mastery learning percentage in pre action, cycle 1, and cycle II. In pre action, average score was 6,65 and mastery learning percentage was 23,8%. In cycle 1, average score  increased to 7,71 and mastery learning percentage increased to 66,67%. In cycle II, average score increased to 85,6 and mastery learning percentage increased to 90,48%.

Keywords: learning achievement, social studies, active learning type talking stick

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.