PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS I

Rahayu Nur Fajriani,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Pandeyan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pandeyan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Pandeyan Tahun Ajaran 2016/2017. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan persentase pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 35%, meningkat pada silus I menjadi 65%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83%.

Kata kunci: membaca permulaan, media Big Book, kelas I SD

 

Abstract

This research aims to improve early reading skill of 1st grade sudents of SDN Pandeyan Yogyakarta trough Big Book media. This research was classroom action research which was done in colaborative action between researcher and the teacher of the class. This research used spiral model of Kemmis and Mc. Taggart. Phase of this research were planning, acting, observing, and reflecting. The subject of this research were  1st grade students  of SDN Pandeyan Yogyakarta. This research result  show that the use of Big Book can improve early reading skill of  first grade students  of SDN Pandeyan school year of 2016/2017. The improvement of early reading skill is proven by the  percentage of the avarege early reading skill’s improvement that increase  from 35% in  pre-action to 65% in cycle I and  increase again in cycle II become 83%.

Keywords: early reading skill, Big Book media, 1st grade elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.