PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MEDIA SNAKE AND LADDER

Pratama Saputri,

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan media Snake and Ladder pada siswa kelas 3 SDN Ngandagan Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model yang dikembangkan ole Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan/observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 menggunakan media Snake and Ladder. Nilai rata-rata pada siklus I mencapai 63,1 dan pada siklus II rata-ratanya mencapai 77,26. Secara afektif siswa terlihat senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih mudah memahami materi, siswa lebih aktif dalam kegaiatan pembelajaran, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS.

Kata kunci : hasil belajar IPS, media Snake and Ladder, Sekolah Dasar

 

Abstract

This research aims at improving Social Studies learning outcome by applying Snake and Ladder media of third grade student of SDN Ngandagan Purworejo. The kind of this research was belong to classroom action research which was used Kemmis and Mc Taggert model. The data collection methods were carried on observation, test, and documentation. The data analysis that had been used descriptive statistics. The result shows increase on third grade learning outcome by applying Snake and Ladder. The average value in the first cycle reached 63,1 and the second cycle the average reached 77,26. Affectively students look happy and interested in the learning process, students easily understand the lesson, students are more active in learning process, and students are more enthusiastic in participating in social studies learning.

Keyword : social studies learning outcome, Snake and Ladder media, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.