PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA JELAJAH INDONESIA UNTUK IPS KELAS V

Ananda Galuh Suasari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran roda jelajah Indonesia yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Wonosari Baru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran roda jelajah Indonesia yang dikembangkan menggunakan model Borg dan Gall sudah dikatakan layak. Menurut ahli media, media ini termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,85. Menurut ahli materi, media ini termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,7. Menurut uji coba, media ini termasuk kategori sangat baik. Uji coba lapangan awal dengan skor 4,27. Uji coba lapangan utama dengan skor 4,68. Uji coba lapangan operasional dengan skor 4,354.

Kata kunci: pengembangan, roda jelajah Indonesia, IPS

 

Abstract

This research aims at developing roda jelajah Indonesia media which is possible to used by students in 5th grader for social studies SD Negeri Wonosari Baru. This research was a kind of research and development method which refered to Borg and Gall model. Data collection techniques used questioner, interview, and observation. The analize of data used descriptive quantitative statistic. The result of the research shows that roda jelajah Indonesia media is possible to used. This media is very good criteria refered to media expert. This media is very good criteria refered to material expert. This media is very good criteria refered to field testing. The result of preliminary field testing get score 4,27 . The result of main field testing get score 4,68. The result of operational field testing get score 4,354.

Key word : development, roda jelajah Indonesia, social studies

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.