PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP KELAS VB

Adiza Belva Hendrakusuma,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  siswa kelas VB SD Negeri Tegal Panggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan media pop-up. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Tegal Panggung tahun ajaran 2016/2017 semester 1 dengan jumlah 21 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media pop-up dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Pada pra tindakan terdapat 9 siswa (42,86%) yang mencapai KKM. Pada siklus I sebanyak 15 siswa (71%) telah mencapai KKM. Pada siklus II sebanyak 17 siswa (80,95%) telah mencapai KKM.

Kata kunci: media pop-up, hasil belajar IPS SD

 

Abstract

This research is aimed to improve the Social Studies Learning achievement through pop-up media in class VB Tegal Panggung Elementary School.The type of this research was classroom action research.The subjects of this research were 21 students of class VB. The research model used in this research was that of Kemmis & Mc. Taggart which contained planning, action and observing, and reflection phase. The data was collected through test. The data analysis method was done using quantitative descriptive. The result showed Pop-Up Media can improve social studies learning achievement. There are  9 students (42,86%) who have fulfilled the minimum criteria of mastery learning (KKM) in pre-action. On cycle one there are 15 students (71%) who have fulfilled the KKM. On cycle II there are 17 students (80,95%) who fulfilled the KKM.

Keywords: media pop-up, learning outcomes IPS SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.