PENGARUH LATIHAN VARIASI JARAK SERVIS TERHADAP HASIL SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI PESERTA EKSTRAKURIKULER SDN GUNTURAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berangkat dari permasalahan siswa peserta ekstrakurikuler bola voli mini
yang dalam melakukan servis bawah belum sesuai dengan target. Tujuan dilakukan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah dengan latihan variasi jarak servis siswa mampu
melakukan servis bawah sesuai target pada kegiatan ekstrakurikuler bola voli mini SD N
Gunturan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre
test and post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V peserta
ekstrakurikuler bola voli mini Sekolah Dasar Negeri Gunturan yang berjumlah 20 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes servis bawah bola
voli. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa hasil t hitung = 16.696, t tabel 2093 (df= 19) pada taraf signifikan 5%
sehingga tingkat kebermaknaan hipotesis nul (Ho) ditolak. Dengan demikian hipotesis
alternative (Ha) menyatakan bahwa latihan jarak servis berpengaruh terhadap hasil servis
bawah bola voli mini pada siswa SDN Gunturan.
Kata Kunci: Latihan Jarak Servis, Ekstrakurikuler.
Abstract
The background of this study is on the problem faced by the students who participate
in the mini volleyball extracurricular activity in performing the underhand serve which has
not reached the target yet. The purpose of this study is to find out whether the serve distance
variation practice performed by the students is able to make the underhand serve reaching the
target or not in the mini volleyball extracurricular activity in SDN Gunturan. It is an
experimental study which used the one group pre-test and post-test design. The population of
this study is all of the 4
th
and 5
th
Grade Students who participate in the mini volleyball
extracurricular activity in SDN Gunturan which consisted of 20 students. The instrument used
in this study is the underhand serve of volleyball. The data were analyzed by using the t-test
(pre- and post-). The results showed that the value of t-count = 16.696, t-table 2093 (df= 19)
with a significance level of 5%, thus the significance level of the null hypothesis (Ho) is
rejected. Thus, the alternative hypothesis (Ha) states that there is an effect of the serve
distance variation practice on the results of underhand serve in mini volleyball for the
participants of extracurricular activity in SDN Gunturan.
Keywords: Serve Distance Practice, Extracurricular.
Penelitian ini berangkat dari permasalahan siswa peserta ekstrakurikuler bola voli mini
yang dalam melakukan servis bawah belum sesuai dengan target. Tujuan dilakukan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah dengan latihan variasi jarak servis siswa mampu
melakukan servis bawah sesuai target pada kegiatan ekstrakurikuler bola voli mini SD N
Gunturan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre
test and post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V peserta
ekstrakurikuler bola voli mini Sekolah Dasar Negeri Gunturan yang berjumlah 20 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes servis bawah bola
voli. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa hasil t hitung = 16.696, t tabel 2093 (df= 19) pada taraf signifikan 5%
sehingga tingkat kebermaknaan hipotesis nul (Ho) ditolak. Dengan demikian hipotesis
alternative (Ha) menyatakan bahwa latihan jarak servis berpengaruh terhadap hasil servis
bawah bola voli mini pada siswa SDN Gunturan.
Kata Kunci: Latihan Jarak Servis, Ekstrakurikuler.
Abstract
The background of this study is on the problem faced by the students who participate
in the mini volleyball extracurricular activity in performing the underhand serve which has
not reached the target yet. The purpose of this study is to find out whether the serve distance
variation practice performed by the students is able to make the underhand serve reaching the
target or not in the mini volleyball extracurricular activity in SDN Gunturan. It is an
experimental study which used the one group pre-test and post-test design. The population of
this study is all of the 4
th
and 5
th
Grade Students who participate in the mini volleyball
extracurricular activity in SDN Gunturan which consisted of 20 students. The instrument used
in this study is the underhand serve of volleyball. The data were analyzed by using the t-test
(pre- and post-). The results showed that the value of t-count = 16.696, t-table 2093 (df= 19)
with a significance level of 5%, thus the significance level of the null hypothesis (Ho) is
rejected. Thus, the alternative hypothesis (Ha) states that there is an effect of the serve
distance variation practice on the results of underhand serve in mini volleyball for the
participants of extracurricular activity in SDN Gunturan.
Keywords: Serve Distance Practice, Extracurricular.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.