TANGGAPAN SISWA KELAS IV TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDN 1 KARANGREJO TAHUN 2017
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran pendidikan jasmani kelas IV
yang dilaksanakan di SDN 1 Karangrejo Petanahan Kebumen belum berjalan secara
maksimal dikarenakan keterbatasan jumlah guru pendidikan jasmani di mana satu guru
mengajar dua kelas dalam waktu bersamaan dan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas IV terhadap proses pembelajaran penjas
di SDN 1 Karangrejo Petanahan Kebumen tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan
angket. Subjek dalam ujicoba penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Jogosimo
yang berjumlah 50 siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1
Karangrejo yang berjumlah 43. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson
Product Moment didapatkan hasil r tabel 0.279 dan hasil butir soal yang valid berjumlah
30 butir dari 40 pernyataan. Uji reliabilitas sebesar 0,825 sehingga instrumen yang berisi
butir-butir pernyataan tersebut reliabel. Hasil penelitian mengenai tanggapan siswa kelas
IV terhadap proses pembelajaran penjas di SDN 1 Karangrejo Petanahan Kebumen tahun
2017 berada pada kategori baik. Kategori baik ini ditandai dengan frekuensi terbanyak
yaitu 21 anak pada kategori baik dari total siswa 43 siswa dengan presentase 48,84%.
Secara rinci terdapat 3 siswa (6,98%) dalam kategori sangat baik, 21 siswa (48,84%)
dalam kategori baik, 11 siswa (25,58%) dalam kategori tidak baik, 8 siswa (18,60%)
dalam kategori sangat tidak baik.
Kata kunci: tanggapan siswa, proses pembelajaran, penjas
Abstract
The background of this study is the learning process of physical education for the
4
th
grade students in SDN 1 Karangrejo, Petanahan, Kebumen which has not been
conducted maximally due to the limited number of physical education teachers in which a
teacher should handle 2 classes at the same time and the limited condition of learning
environment. The purpose of this study is to find out the responses of the 4
grade students
on the learning process of physical education in SDN 1 Karangrejo, Petanahan, kebumen,
in 2017. It is a descriptive study which was conducted by using survey method. The data
were collected by using questionnaires. The subject of the experiment of this study is all of
the 4
th
grade students in SDN Jogosimo for 50 students. The subject of this study is all of
the 4
th
grade students in SDN Jogosimo for 43 students. The validity test was conducted by
using the Pearson Product Moment formula which obtained the r table of 0.279 and there
were 30 out of 40 questions stated valid. The reliability test obtained a value of 0,825 so
that the instrument which consisted of questions was stated reliable. The result of the study
on responses of the 4
th
th
grade students on the learning process of physical education in SDN
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran pendidikan jasmani kelas IV
yang dilaksanakan di SDN 1 Karangrejo Petanahan Kebumen belum berjalan secara
maksimal dikarenakan keterbatasan jumlah guru pendidikan jasmani di mana satu guru
mengajar dua kelas dalam waktu bersamaan dan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas IV terhadap proses pembelajaran penjas
di SDN 1 Karangrejo Petanahan Kebumen tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan
angket. Subjek dalam ujicoba penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Jogosimo
yang berjumlah 50 siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1
Karangrejo yang berjumlah 43. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson
Product Moment didapatkan hasil r tabel 0.279 dan hasil butir soal yang valid berjumlah
30 butir dari 40 pernyataan. Uji reliabilitas sebesar 0,825 sehingga instrumen yang berisi
butir-butir pernyataan tersebut reliabel. Hasil penelitian mengenai tanggapan siswa kelas
IV terhadap proses pembelajaran penjas di SDN 1 Karangrejo Petanahan Kebumen tahun
2017 berada pada kategori baik. Kategori baik ini ditandai dengan frekuensi terbanyak
yaitu 21 anak pada kategori baik dari total siswa 43 siswa dengan presentase 48,84%.
Secara rinci terdapat 3 siswa (6,98%) dalam kategori sangat baik, 21 siswa (48,84%)
dalam kategori baik, 11 siswa (25,58%) dalam kategori tidak baik, 8 siswa (18,60%)
dalam kategori sangat tidak baik.
Kata kunci: tanggapan siswa, proses pembelajaran, penjas
Abstract
The background of this study is the learning process of physical education for the
4
th
grade students in SDN 1 Karangrejo, Petanahan, Kebumen which has not been
conducted maximally due to the limited number of physical education teachers in which a
teacher should handle 2 classes at the same time and the limited condition of learning
environment. The purpose of this study is to find out the responses of the 4
grade students
on the learning process of physical education in SDN 1 Karangrejo, Petanahan, kebumen,
in 2017. It is a descriptive study which was conducted by using survey method. The data
were collected by using questionnaires. The subject of the experiment of this study is all of
the 4
th
grade students in SDN Jogosimo for 50 students. The subject of this study is all of
the 4
th
grade students in SDN Jogosimo for 43 students. The validity test was conducted by
using the Pearson Product Moment formula which obtained the r table of 0.279 and there
were 30 out of 40 questions stated valid. The reliability test obtained a value of 0,825 so
that the instrument which consisted of questions was stated reliable. The result of the study
on responses of the 4
th
th
grade students on the learning process of physical education in SDN
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.