IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS III SD NEGERI MINOMARTANI 1 KABUPATEN SLEMAN

Isnaeni - Rahmawati,

Abstract


ABSTRAK
Pendidikan jasmani salah satu tujuannya adalah menanamkan dan mengembangkan
nilai-nilai karakter perilaku yang baik terhadap siswa, usia sekolah dasar adalah usia yang
paling rentan dalam penanaman nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bentuk-bentuk perilaku sosial yang terlihat dalam pembelajaran penjasorkes
pada siswa kelas III SD Negeri Minomartani 1 Kabupaten Sleman. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni: wawancara tak berstruktur, observasi partisipasi pasif, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data sebelum
dilapangan dan analisis data selama dilapangan dengan menggunakan model Miles dan
Huberman. Uji keabsahan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji
credibility dan dependability.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perilaku sosial yang paling sering
diungkapkan dan muncul yaitu: (1) Perilaku sosial agresi; 2) Berselisih/bertengkar; dan 3)
Menggoda. Ketiga perilaku sosial tersebut masuk dalam perilaku bullying kategori kontak
fisik langsung, dan kontak verbal langsung. Perilaku bullying dilakukan kepada seseorang
yang lebih lemah, sedangkan guru bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin kepada
siswa.
Kata kunci: perilaku sosial, penjas
ABSTRACT
Among the objectives of physical education is to instill and develop values of good
behavioral characters among students and the elementaray school age is the most
vulnerable age for character-building attempts. This research aims to determine the forms
of social behavior identified during the instructional activity of Health, Sports, and
Physical Education among the third-grade students of SD Negeri Minomartani 1 in
Sleman Regency. It employed the qualitative descriptive research method. Data were
collected using the following techniques: unstructured interviews, observation through
passive participation, and documentation. The data analysis techniques employed were
the data analyses prior to and during field research by using the Miles and Huberman
model. The validity tests used in this research were credibility and dependability tests.  
Research findings suggest that the most common forms of social behavior are: (1)
aggressive behavior; 2) picking a quarrel/argument; and 3) teasing. Those three forms of
social behavior are considered bullying which belongs to the categories of direct physical
contact and direct verbal contact. Bullying is done by peers to someone who is inferior to
gain a certain advantage or satisfaction, while teachers have to instill discipline in
students.
Keywords: social behavior, health education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.