PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN PENDEKATAN MEDIA ROTKRAM PADA SISWA KELAS V SD TIRTOMULYO KRETEK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian mengetahui hasil peningkatan efektifitas belajar lempar
cakram dengan pendekatan media rotkram pada siswa kelas V SD Tirtomulyo Kretek
Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas
V SD Tirtomulyo Kretek Bantul tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 22 siswa.
Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan.
Teknik analisis data yang digunakan secara berturutan dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa proses pembelajaran atletik lempar cakram melalui pendekatan
modifikasi media rotkram dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan dari tiap siklus yang diberikan selama tindakan berlangsung.
Peningkatan tersebut meliputi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang
ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dan terlihat
banyak siswa yang memperoleh kesempatan mencoba tugas yang diberikan guru
dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menjadi efektif dengan adanya hasil yang
didapat atau tujuan proses pembelajaran tercapai. Peningkatan kreatifitas siswa yang
ditunjukkan dengan adanya siswa yang menghasilkan ide baru untuk menyelesaikan
tugas yang diberikan guru di dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang
menyenangkan ditunjukkan dengan peningkatan motivasi dalam mengikuti proses
pembelajaran dan siswa terlihat senang selama pembelajaran, sehingga tujuan
pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat meningkat serta peningkatan hasil tes
keterampilan lempar cakram yang sebagian besar siswa telah memenuhi KKM (75).
Kata kunci : Efektivitas, Lempar Cakram, Siswa SD, Pendekatan, Rotkram.
ABSTRACT
Research objectives the improvement of the effectiveness of learning outcome
knowing throwing discs with rotkram media approach on grade V SD Tirtomulyo
Kretek Regency of Bantul Yogyakarta special region. The subject of research is the
grade V SD Tirtomulyo lesson 2016/2017 year Bantul Kretek a number of 22
students. Action research for two cycles, each cycle with two times. Data analysis
techniques used in succession in this study i.e. the reduction of the data, the
presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. The results showed that
the process of learning the athletic throwing the disc through a modified approach to
media rotkram may increase. This is evidenced by the existence of an increase of
each cycle is given for actions in progress. The increase includes an increase in
students ' learning activeness, indicated by enthusiastic students to follow the
learning process and seen many students had the opportunity of trying the task given
the teacher in the learning process. Learning to be effective with the results obtained
or the purpose of the learning process is reached. Increased creativity of students
who demonstrated the existence of students who produce new ideas to accomplish the
task given the teacher in the learning process. Fun learning shown with increased
motivation in following the learning process and students look pleased during
learning, learning objectives and outcomes so that student learning can be increased
and improved test results the disc throwing skills most students have met the KKM (75).
Keywords: Effectiveness, Throwing Discs, SD, Students Approach, Rotkram.
Tujuan penelitian mengetahui hasil peningkatan efektifitas belajar lempar
cakram dengan pendekatan media rotkram pada siswa kelas V SD Tirtomulyo Kretek
Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas
V SD Tirtomulyo Kretek Bantul tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 22 siswa.
Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan.
Teknik analisis data yang digunakan secara berturutan dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa proses pembelajaran atletik lempar cakram melalui pendekatan
modifikasi media rotkram dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan dari tiap siklus yang diberikan selama tindakan berlangsung.
Peningkatan tersebut meliputi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang
ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dan terlihat
banyak siswa yang memperoleh kesempatan mencoba tugas yang diberikan guru
dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menjadi efektif dengan adanya hasil yang
didapat atau tujuan proses pembelajaran tercapai. Peningkatan kreatifitas siswa yang
ditunjukkan dengan adanya siswa yang menghasilkan ide baru untuk menyelesaikan
tugas yang diberikan guru di dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang
menyenangkan ditunjukkan dengan peningkatan motivasi dalam mengikuti proses
pembelajaran dan siswa terlihat senang selama pembelajaran, sehingga tujuan
pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat meningkat serta peningkatan hasil tes
keterampilan lempar cakram yang sebagian besar siswa telah memenuhi KKM (75).
Kata kunci : Efektivitas, Lempar Cakram, Siswa SD, Pendekatan, Rotkram.
ABSTRACT
Research objectives the improvement of the effectiveness of learning outcome
knowing throwing discs with rotkram media approach on grade V SD Tirtomulyo
Kretek Regency of Bantul Yogyakarta special region. The subject of research is the
grade V SD Tirtomulyo lesson 2016/2017 year Bantul Kretek a number of 22
students. Action research for two cycles, each cycle with two times. Data analysis
techniques used in succession in this study i.e. the reduction of the data, the
presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. The results showed that
the process of learning the athletic throwing the disc through a modified approach to
media rotkram may increase. This is evidenced by the existence of an increase of
each cycle is given for actions in progress. The increase includes an increase in
students ' learning activeness, indicated by enthusiastic students to follow the
learning process and seen many students had the opportunity of trying the task given
the teacher in the learning process. Learning to be effective with the results obtained
or the purpose of the learning process is reached. Increased creativity of students
who demonstrated the existence of students who produce new ideas to accomplish the
task given the teacher in the learning process. Fun learning shown with increased
motivation in following the learning process and students look pleased during
learning, learning objectives and outcomes so that student learning can be increased
and improved test results the disc throwing skills most students have met the KKM (75).
Keywords: Effectiveness, Throwing Discs, SD, Students Approach, Rotkram.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.