MOTIVASI BERMAIN KASTI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi di awal pembelajaran siswa sangat bersemangat meminta
permainan kasti, namun pada pelaksanaannya kurang dapat berjalan dengan baik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi bermain kasti dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri Kraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan
metode survei dengan instrumen berupa angket dengan nilai validitas sebesar 0,825 dan nilai
reliabilitas sebesar 0,923. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri Kraton Yogyakarta yang berjumlah 24 anak. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui motivasi bermain kasti dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri Kraton Yogyakarta dalam kategori sangat tinggi sebesar 0 % (0 siswa), kategori tinggi
sebesar 33,3 % (8 siswa), kategori sedang sebesar 41,67 % (10 siswa), kategori rendah sebesar
12,5 % (3 siswa) dan kategori sangat rendah sebesar 12,5 % (3 siswa).
Kata kunci : motivasi, bermain kasti, pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan
Abstract
kesehatan
This research is motivated with the condition that at the beginning of the lesson,
students are very eager to ask for a baseball game, but the implementation is less able to run
well. The purpose of the research was to find out how high the motivation of playing baseball
in Health, Sport and Physical Education lesson of grade V students at the State Elementary
School of Kraton Yogyakarta. This research was descriptive research using survey method
with instrument in the form of questionnaire with validity value equal to 0.825 and reliability
value equal to 0.923. The subjects of the research were V grade students of the State
Elementary School of Kraton Yogyakarta, which are 24 children. Data analysis technique
used descriptive way with percentage.The research results found out that the motivation of
playing baseball in Health, Sport and Physical Education lesson of V grade students at the
State Elementary School of Kraton Yogyakarta in very high category was 0% (0 student), high
category was 33.3 % (8 students), moderate category was 41.67 % (10 students), low category
was 12.5 % (3 students) and very low category was 12.5 % (3 students).
Keywords: motivation, playing baseball, Health, Sport and Physical Education Lesson.
Penelitian ini dilatarbelakangi di awal pembelajaran siswa sangat bersemangat meminta
permainan kasti, namun pada pelaksanaannya kurang dapat berjalan dengan baik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi bermain kasti dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri Kraton Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan
metode survei dengan instrumen berupa angket dengan nilai validitas sebesar 0,825 dan nilai
reliabilitas sebesar 0,923. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V Sekolah
Dasar Negeri Kraton Yogyakarta yang berjumlah 24 anak. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui motivasi bermain kasti dalam
pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa kelas V Sekolah Dasar
Negeri Kraton Yogyakarta dalam kategori sangat tinggi sebesar 0 % (0 siswa), kategori tinggi
sebesar 33,3 % (8 siswa), kategori sedang sebesar 41,67 % (10 siswa), kategori rendah sebesar
12,5 % (3 siswa) dan kategori sangat rendah sebesar 12,5 % (3 siswa).
Kata kunci : motivasi, bermain kasti, pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan
Abstract
kesehatan
This research is motivated with the condition that at the beginning of the lesson,
students are very eager to ask for a baseball game, but the implementation is less able to run
well. The purpose of the research was to find out how high the motivation of playing baseball
in Health, Sport and Physical Education lesson of grade V students at the State Elementary
School of Kraton Yogyakarta. This research was descriptive research using survey method
with instrument in the form of questionnaire with validity value equal to 0.825 and reliability
value equal to 0.923. The subjects of the research were V grade students of the State
Elementary School of Kraton Yogyakarta, which are 24 children. Data analysis technique
used descriptive way with percentage.The research results found out that the motivation of
playing baseball in Health, Sport and Physical Education lesson of V grade students at the
State Elementary School of Kraton Yogyakarta in very high category was 0% (0 student), high
category was 33.3 % (8 students), moderate category was 41.67 % (10 students), low category
was 12.5 % (3 students) and very low category was 12.5 % (3 students).
Keywords: motivation, playing baseball, Health, Sport and Physical Education Lesson.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.