FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU PJOK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN GODEAN

Muhammad Ari Arsad,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kendala guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang menyebabkan guru malas untuk menyusun RPP. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat guru PJOK dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Godean. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang berusaha mendiskripsikan suatu fenomena/peristiwa
secara sistematis sesuai dengan apa adanya faktor-faktor penghambat guru PJOK dalam menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Godean. Populasi
penelitian ini adalah guru PJOK se-Kecamatan Godean yang berjumlah 18 orang dan tersebar di 18
Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sedangkan
instrumennya menggunakan angket. Adapun teknik untuk menganilisis data dalam penelitian ini
menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang
menghambat guru PJOK dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri dari 3
faktor yaitu: materi pembelajaran, kompetensi guru, dan sarana prasrana. Dari ketiga faktor tersebut,
faktor kompetensi guru merupakan faktor penghambat yang paling tinggi dengan rata-rata nilai
sebesar 40,83 (36,74%), urutan kedua adalah faktor materi pembelajaran dengan rata-rata nilai sebesar
37,6 (33,83%), dan urutan yang terakhir adalah faktor sarana dan prasarana dengan rata-rata nilai
yaitu 32,71 (29,43%).
Kata kunci: Faktor, Penghambat, Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Abstract
The research background is that there are constraints for teachers to design lesson plans,
making them lazy to design lesson plans. This study aims to find out factors inhibiting Physical
Education, Sports, and Health (PESH) teachers in designing lesson plans in elementary schools in
Godean District. This was a descriptive study trying to describe phenomena/events systematically as
they are, such as factors inhibiting PESH teachers in designing lesson plans in elementary schools in
Godean District. The research population comprised PESH teachers in Godean District with a total 18
teachers from 18 elementary schools. The study used the survey method. The instrument was a
questionnaire. The data analysis technique was descriptive statistics. The results of the study show
that there are three factors inhibiting PESH teachers in designing lesson plans, namely: learning
materials, teachers’ competencies, and infrastructure facilities. Of the three factors, the factor of
teachers’ competencies is the highest inhibiting factor with a mean score of 40.83 (36.74%), the
second is the factor of learning materials with a mean score of 37.6 (33.83%), and the last is the factor
of infrastructure facilities with a mean score of 32.71 (29.43%).
Keywords: Factors, Inhibiting, Teachers, Lesson Plans

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.