MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SD ISLAM TERPADU AR-RAIHAN SUMBERBATIKAN TRIRENGGO, BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diktahuinya motivasi peserta didik yang mengikuti
ekstrakurikuler panahan di SD Islam Terpadu Ar-Raihan Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Tahun Ajaran
2015/2016. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi peserta didik
dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler panahan di SD Islam Terpadu Ar-Raihan Sumberbatikan,
Trirenggo, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan
metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan nilai validitas sebesar 0,843
dan reliabilitas sebesar 0,930. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam Terpadu Ar-Raihan
Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 yang mengikuti ekstrakurikuler panahan
yang berjumlah sebanyak 31 anak dengan rincian 20 anak siswa laki-laki dan 11 anak siswa perempuan.
Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian diperoleh motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler panahan yang
berkategori sangat tinggi sebesar 9,67%, kategori tinggi sebesar 19,35 %, kategori sedang sebesar 41,93
%, kategori rendah sebesar 22,58 % dan kategori sangat rendah sebesar 6,45 %.
Kata kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler panahan, Siswa SD
Abstract
The research problem is the unknown motivation of learners who follow archery extracurricular in
SD Islam Terpadu Al-Raihan Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Academic Year 2015/2016. Therefore,
the objective of this research is to find out how high the motivation of the learners in following archery
extracurricular activities in SD Islam Terpadu Ar-Raihan Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Academic
Year 2015/2016.
This research was descriptive quantitative with descriptive research type, with the survey method
and the data collection technique using questionnaire with validity value 0.843 and reliability value 0.930.
The subjects in this research were the students of SD Islam Terpadu Al-Raihan Sumberbatikan,
Trirenggo, Bantul Academic Year 2015/2016 following archery extracurricular of 31 students with details
of 20 male students and 11 female students. To analyze the data, the researcher used descriptive statistics
on the percentage.
The results of the research show that the motivation of the learners in following archery
extracurricular that is in very high category at 9.67%, high category at 19.35 %, medium category at
41.93%, low category at 22.58 % , and very low category at 6, 45 %.
Keywords: Motivation, Archery Extracurricular, Elementary Students
Masalah dalam penelitian ini adalah belum diktahuinya motivasi peserta didik yang mengikuti
ekstrakurikuler panahan di SD Islam Terpadu Ar-Raihan Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Tahun Ajaran
2015/2016. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi peserta didik
dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler panahan di SD Islam Terpadu Ar-Raihan Sumberbatikan,
Trirenggo, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan
metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan nilai validitas sebesar 0,843
dan reliabilitas sebesar 0,930. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam Terpadu Ar-Raihan
Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 yang mengikuti ekstrakurikuler panahan
yang berjumlah sebanyak 31 anak dengan rincian 20 anak siswa laki-laki dan 11 anak siswa perempuan.
Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian diperoleh motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler panahan yang
berkategori sangat tinggi sebesar 9,67%, kategori tinggi sebesar 19,35 %, kategori sedang sebesar 41,93
%, kategori rendah sebesar 22,58 % dan kategori sangat rendah sebesar 6,45 %.
Kata kunci : Motivasi, Ekstrakurikuler panahan, Siswa SD
Abstract
The research problem is the unknown motivation of learners who follow archery extracurricular in
SD Islam Terpadu Al-Raihan Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Academic Year 2015/2016. Therefore,
the objective of this research is to find out how high the motivation of the learners in following archery
extracurricular activities in SD Islam Terpadu Ar-Raihan Sumberbatikan, Trirenggo, Bantul Academic
Year 2015/2016.
This research was descriptive quantitative with descriptive research type, with the survey method
and the data collection technique using questionnaire with validity value 0.843 and reliability value 0.930.
The subjects in this research were the students of SD Islam Terpadu Al-Raihan Sumberbatikan,
Trirenggo, Bantul Academic Year 2015/2016 following archery extracurricular of 31 students with details
of 20 male students and 11 female students. To analyze the data, the researcher used descriptive statistics
on the percentage.
The results of the research show that the motivation of the learners in following archery
extracurricular that is in very high category at 9.67%, high category at 19.35 %, medium category at
41.93%, low category at 22.58 % , and very low category at 6, 45 %.
Keywords: Motivation, Archery Extracurricular, Elementary Students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.