FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERSELENGGARANYA MATERI AKTIVITAS RITMIK DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH
Tri Ani Hastuti, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab tidak terselenggaranya
aktivitas ritmik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa
Tengah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei
dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah
guru PJOK se-Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang berjumlah 26
guru. Semua populasi digunakan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini maka
dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab tidak terselenggaranya aktivitas ritmik di Sekolah
Dasar se-Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, yakni ada dua faktor
internal dan eksternal. Faktor internal meliputi jasmani siswa, psikologi siswa dan kelelahan.
Sedangkan faktor eksternal meliputi guru, sarana dan prasarana, lingkungan sosial, dan alam.
Persentase dari faktor internal adalah 47.35%, persentase dari faktor eksternal adalah 52.65%.
Kata Kunci: penyebab, pembelajaran, aktvivitas ritmik
.
aktivitas ritmik di Sekolah Dasar se-Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa
Tengah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei
dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah
guru PJOK se-Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang berjumlah 26
guru. Semua populasi digunakan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini maka
dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab tidak terselenggaranya aktivitas ritmik di Sekolah
Dasar se-Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, yakni ada dua faktor
internal dan eksternal. Faktor internal meliputi jasmani siswa, psikologi siswa dan kelelahan.
Sedangkan faktor eksternal meliputi guru, sarana dan prasarana, lingkungan sosial, dan alam.
Persentase dari faktor internal adalah 47.35%, persentase dari faktor eksternal adalah 52.65%.
Kata Kunci: penyebab, pembelajaran, aktvivitas ritmik
.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.