TANGGAPAN SISWA KELAS V TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN ATLETIK MATERI LOMPAT JAUH DI SD NEGERI 2 KRETEK BANTUL
Eddy Purnomo, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa kelas V terhadap
proses pembelajaran atletik materi lompat jauh di SD Negeri 2 Kretek Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan
Teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Kretek Bantul sebanyak 38 siswa. Ada 3 siswa tidak
mengisi angket karena sakit, jadi total siswa yang mengisi angket penelitian sebanyak 35
siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus Pearson Product Moment di dapatkan
hasil r tabel 0,388 dan hasil butir soal yang valid berjumlah 32 butir dari 40 pernyataan. Uji
reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien
reliabilitas sebesar 0,886 sehingga instrumen yang berisi butir-butir pernyataan tersebut
adalah reliabel.
Hasil penelitian mengenai tanggapan siswa kelas V terhadap proses pembelajaran
atletik materi lompat jauh di SD Negeri 2 Kretek Bantul berada pada kategori cukup baik
secara keseluruhan. Ada 2 siswa (5,71%) dalam kategori sangat baik, 9 siswa (25,71%)
dalam kategori baik, 13 siswa (37,14%) dalam kategori cukup baik, 10 siswa (28,57%) dalam
kategori tidak baik, 1 siswa dalam kategori sangat tidak baik.
Kata kunci : Tanggapan, Siswa SD, Proses Pembelajaran, Lompat Jauh
proses pembelajaran atletik materi lompat jauh di SD Negeri 2 Kretek Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan
Teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V di SD Negeri 2 Kretek Bantul sebanyak 38 siswa. Ada 3 siswa tidak
mengisi angket karena sakit, jadi total siswa yang mengisi angket penelitian sebanyak 35
siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus Pearson Product Moment di dapatkan
hasil r tabel 0,388 dan hasil butir soal yang valid berjumlah 32 butir dari 40 pernyataan. Uji
reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien
reliabilitas sebesar 0,886 sehingga instrumen yang berisi butir-butir pernyataan tersebut
adalah reliabel.
Hasil penelitian mengenai tanggapan siswa kelas V terhadap proses pembelajaran
atletik materi lompat jauh di SD Negeri 2 Kretek Bantul berada pada kategori cukup baik
secara keseluruhan. Ada 2 siswa (5,71%) dalam kategori sangat baik, 9 siswa (25,71%)
dalam kategori baik, 13 siswa (37,14%) dalam kategori cukup baik, 10 siswa (28,57%) dalam
kategori tidak baik, 1 siswa dalam kategori sangat tidak baik.
Kata kunci : Tanggapan, Siswa SD, Proses Pembelajaran, Lompat Jauh
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.