TINGKAT KECEMASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS KHUSUS OLAHRAGA CABANG SEPAKBOLA DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA
Komarudin Komarudin, , Indonesia
Abstract
Adanya perbedaan dan persaingan pada siswa kelas khusus olahraga sehingga masih sering
munculnya kecemasan dan kurangnya kepercayaan diri pada siswa Kelas Khusus Olahraga, sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan dan kepercayaan diri peserta didik Kelas
Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA
Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 18 orang, yang diambil menggunakan teknik total sampling.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kecemasan peserta didik Kelas Khusus
Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta pada kategori “sangat rendah” 5,56%,
“rendah” 27.78%, “cukup” 38.89%, “tinggi” 22.22%, dan “sangat tinggi” 5.56%. (2) tingkat
kepercayaan diri peserta didik Kelas Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta
pada kategori “sangat rendah” 11,11%, “rendah” 11,11%, “cukup” 61,11%, “tinggi” 11,11%, dan
“sangat tinggi” 5,56%.
Kata kunci: kecemasan, kepercayaan diri, cabang sepakbola,
munculnya kecemasan dan kurangnya kepercayaan diri pada siswa Kelas Khusus Olahraga, sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan dan kepercayaan diri peserta didik Kelas
Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA
Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 18 orang, yang diambil menggunakan teknik total sampling.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk
persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kecemasan peserta didik Kelas Khusus
Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta pada kategori “sangat rendah” 5,56%,
“rendah” 27.78%, “cukup” 38.89%, “tinggi” 22.22%, dan “sangat tinggi” 5.56%. (2) tingkat
kepercayaan diri peserta didik Kelas Khusus Olahraga cabang sepakbola di SMA Negeri 4 Yogyakarta
pada kategori “sangat rendah” 11,11%, “rendah” 11,11%, “cukup” 61,11%, “tinggi” 11,11%, dan
“sangat tinggi” 5,56%.
Kata kunci: kecemasan, kepercayaan diri, cabang sepakbola,
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.