IMPLEMENTASI PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA
Ahmad Rithaudin, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi peraturan (rules) dan rutinitas
(routines) dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri seKota
Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelelitian ini adalah survei. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan validitas 0,911
dan reliabilitas 0,958. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar
Negeri se-Kota Yogyakarta sebanyak 87 guru. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif
dengan rumus persentase.Berdasarkan hasil penelitian diketahui implementasi peraturan (rules) dan
rutinitas (routines) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagian besar masuk dalam kategori
sangat baik sebesar 80,46 %, kategori baik sebesar 13,79 %, kategori cukup sebesar 5,75 %, kategori
kurang sebesar 0,0 %, dan kategori sangat kurang sebesar 0,0 %. Hasil tersebut dapat diartikan
implementasi peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran pendidikan jasmani
berkategori sangat baik.
Kata kunci: Implementasi, Peraturan (Rules), Rutinitas (Routines), Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
(routines) dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Negeri seKota
Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelelitian ini adalah survei. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan validitas 0,911
dan reliabilitas 0,958. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani Sekolah Dasar
Negeri se-Kota Yogyakarta sebanyak 87 guru. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif
dengan rumus persentase.Berdasarkan hasil penelitian diketahui implementasi peraturan (rules) dan
rutinitas (routines) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagian besar masuk dalam kategori
sangat baik sebesar 80,46 %, kategori baik sebesar 13,79 %, kategori cukup sebesar 5,75 %, kategori
kurang sebesar 0,0 %, dan kategori sangat kurang sebesar 0,0 %. Hasil tersebut dapat diartikan
implementasi peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran pendidikan jasmani
berkategori sangat baik.
Kata kunci: Implementasi, Peraturan (Rules), Rutinitas (Routines), Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.