KEDISIPLINAN GURU PJOK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KINTELAN 1 YOGYAKARTA
Agus Sumhendartin Suryobroto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan guru PJOK dalam pembelajaran di SD
Negeri Kintelan 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek
guru PJOK dan Kepala Sekolah SD Negeri Kintelan 1 Yogyakarta dengan waktu penelitian pada
bulan Februari-Maret 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan
pembelajaran tidak ditemukan dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai
dengan silabus pembelajaran PJOK. Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak
dtepat waktu. Guru PJOK menuliskan referensi yang digunakan dalam membuat RPP. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran guru PJOK kurang disiplin.
Pada tahap pelaksanaan pembelajaran terdapat dua indikator yaitu persiapan pembelajaran dan
pelaksanaan pembelajaran. Dalam tahap persiapan pembelajaran guru PJOK sudah hadir tepat waktu.
Guru PJOK menyiapkan alat dan media pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Setiap
meninggalkan kelas Guru PJOK selalu meminta izin Kepala Sekolah. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa pada tahap persiapan pembelajaran guru PJOK sudah disiplin. Sedangkan pada
tahap pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tidak melakukan pemanasan, pendinginan, dan evaluasi.
Sehingga pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tidak disiplin. Dari hasil penelitian pada
tahap perencanaan pembelajaran, persiapan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dapat
disimpulkan bahwa guru PJOK kurang disiplin.
Kata kunci: Kedisiplinan, Guru PJOK, Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan guru PJOK dalam pembelajaran di SD
Negeri Kintelan 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek
guru PJOK dan Kepala Sekolah SD Negeri Kintelan 1 Yogyakarta dengan waktu penelitian pada
bulan Februari-Maret 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi, meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan
pembelajaran tidak ditemukan dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai
dengan silabus pembelajaran PJOK. Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak
dtepat waktu. Guru PJOK menuliskan referensi yang digunakan dalam membuat RPP. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran guru PJOK kurang disiplin.
Pada tahap pelaksanaan pembelajaran terdapat dua indikator yaitu persiapan pembelajaran dan
pelaksanaan pembelajaran. Dalam tahap persiapan pembelajaran guru PJOK sudah hadir tepat waktu.
Guru PJOK menyiapkan alat dan media pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Setiap
meninggalkan kelas Guru PJOK selalu meminta izin Kepala Sekolah. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa pada tahap persiapan pembelajaran guru PJOK sudah disiplin. Sedangkan pada
tahap pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tidak melakukan pemanasan, pendinginan, dan evaluasi.
Sehingga pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tidak disiplin. Dari hasil penelitian pada
tahap perencanaan pembelajaran, persiapan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dapat
disimpulkan bahwa guru PJOK kurang disiplin.
Kata kunci: Kedisiplinan, Guru PJOK, Pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.