TINGKAT KETERAMPILAN SERVICE PENDEK DAN SERVICE PANJANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH BODON TAHUN AJARAN 2018/2019

Wisnu Agung Susilo, , Indonesia
Amat Komari, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan service pendek dan service panjang
dalam permainan bulutangkis siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon Tahun Ajaran
2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dengan teknik
tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Muhammadiyah
Bodon, Banguntapan, Bantul. Sampel data penelitian ini berjumlah 29 anak yang terdiri dari 18 siswa lakilaki dan 11 siswa perempuan berusia 9-11 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik tes servis pendek dan servis panjang. Data-data penelitian yang telah terkumpul
kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan servis pendek dan servis panjang dalam
permainan bulutangkis siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Bodon, Banguntapan, Bantul,
Yogyakarta untuk variabel servis pendek siswa putra dalam kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (6%),
6 siswa kategori tinggi (33%), 6 siswa kategori sedang (33%), 4 siswa kategori rendah (22%), dan 1 siswa
kategori sangat rendah (6%), sedangkan tingkat keterampilan servis pendek siswa putri dalam kategori
sangat tinggi sebanyak 1 siswa (9%), 1 siswa kategori tinggi (9%), 6 siswa kategori sedang (55%), 2 siswa
kategori rendah (18%), dan 1 siswa kategori sangat rendah (9%). Kemudian untuk variabel servis panjang,
tingkat keterampilan servis panjang siswa putra dalam kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa (6%), 4
siswa kategori tinggi (22%), 6 siswa kategori sedang (33%), 7 siswa kategori rendah (39%), dan 0 siswa
kategori sangat rendah (0%), sedangkan tingkat keterampilan servis panjang siswa putri dalam kategori
sangat tinggi sebanyak 2 siswa (18%), 0 siswa kategori tinggi (0%), 6 siswa kategori sedang (55%), 2 siswa
kategori rendah (18%), dan 1 siswa kategori sangat rendah (9%).
Kata kunci: Keterampilan Servis Pendek dan Servis Panjang, Siswa Kelas V SD
Abstract
This research aims to know the skill level of short service and long service in badminton game fifth
grade students of Muhammadiyah Bodon Elementary School class of 2018/2019.
This research is descriptive quantitative research using survey method with test and measurement
technique. The population of the research were all fifth grade students of Muhammadiyah Bodon
Elementary School, Banguntapan, Bantul. Data sample of this research were 29 students consist of 18 male
students and 11 female students, age 9-11 years old. Sampling technique in this research using short sevice
and long service test technique. Datas have been collecting and then analyzed with statistic descriptive
technique in percentage form.
The result of this research showed that the skill level of short service and long service in badminton
game for fifth grade students of Muhammadiyah Bodon Elementary School, Banguntapan, Bantul for short
service variable of male students in very high categories is 1 student (6%), 6 students in high categories
(33%), 6 students in medium categories (33%), 4 students in low categories (22%), and 1 student in very
low categories (6%). While skill level short service of female students in very high categories is 1 student
(9%), 1 student in high categories (9%), 6 students in medium categories (55%), 2 students in low
categories (18%), and 1 student in very low categories (9%). Then, for long service variable, skill level of
long service of male students in very high categories is 1 student (6%), 4 students in high categories (22%),
6 students in medium categories(33%), 7 students in low categories (39%), and 0 student in very low
categories (0%). Furthermore the skill level long service of female students in very high categories are 2
Tingkat keterampilan service... (Wisnu Agung Susilo) [4]
students (18%), 0 student in ,high categories (0%), 6 students in medium categories (55%), 2 students in
low categories (18%), and 1 student in very low categories (9%).
Key Words: Short Service and Long Service Skills, fifth grade Muhammadiyah Bodon Elementary School.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.