PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SENTOLO TERHADAP KURIKULUM 2013
wawan suherman, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi guru PJOK Sekolah Dasar terhadap kurikulum
2013 di Kecamatan Sentolo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket
tertutup yang lulus uji validitas dan uji reliabilitas dengan Rtabel 707. Subyek dalam penelitian ini adalah
seluruh guru PJOK Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten KulonProgo yang memenuhi
ketentuan dari peneliti yang berjumlah 25 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang dituangkan dalam persentase.
Hasil Penelitian ini menujukan bahwa persepsi guru PJOK Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sentolo
terhadap kurikulum 2013 memiliki rata-rata sebesar 92,76 berkategori Baik. Secara rinci menunjukan
sebanyak 32% (8 guru) memiliki prsepsi sangat baik, 56% (14 guru) memiliki persepsi baik, 8% (2 guru)
memilki persepsi cukup baik, 4% (1 guru) memiliki persepsi tidak baik, dan 0% (0 guru) memiliki
persepsi sangat tidak baik. Persepsi guru PJOK sekolah dasar se-Kecamatan Sentolo terhadap kurikulum
2013 secara keseluruhan menyatakan baik. Hal ini menunjukan bahwa guru PJOK SD se-Kecamatan
Sentolo Kabupaten Kulon Progo memiliki persepsi yang baik terhadap kurikulum 2013, artinya dengan
Persepsi ini guru PJOK Sekolah Dasar se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo menilai
bahwasannya kurikulum 2013 Baik untuk dijalankan sebagai kurikulum berkelanjutan.
Kata kunci: persepsi guru PJOK, kurikulum 2013.
Abstract
This research hintends to find out the PJOK teacher perceptionsof primary school oncurriculum
2013 in Sentolo District.
This research was descriptive quantitative research. Method of the research used was by survey
method with data collection technique using closed questionnaire instrument that passed the validity test
and reliability test with Rtable 707. Research subjects were all teachers of PJOK for Primary Schools in
Sentolo District, Kulon Progo Regency that met the requirements of the researcher totalling 25 teachers.
Data analysis technique applied was by descriptive quantitativeanalysis as outlined in percentage.
Research results show that the perception of PJOK teachers for Primary Schools in Sentolo
District onthe curriculum2013 has an average 92.76 in the Good category. In details, 32% (8 teachers)
have very good perception, 56% (14 teachers) have good perception, 8% (2 teachers) have good
perception, 4% (1 teacher) has poor perception, and 0% (0 teacher) has very bad perception. The
perception of PJOK teachers for Primary School on curriculum 2013 in Sentolo District as a whole is
considered good. This shows that the PJOK Primary School teachers in Sentolo District, Kulon Progo
Regency have good perception on curriculum2013, this means that with this perception the teachers of
PJOK for Primary Schools in Sentolo District, Kulon Progo Regency indicates that the curriculum 2013
is worthy to be run as a sustainable curriculum.
Keywords: PJOK teacher perception, curriculum2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi guru PJOK Sekolah Dasar terhadap kurikulum
2013 di Kecamatan Sentolo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket
tertutup yang lulus uji validitas dan uji reliabilitas dengan Rtabel 707. Subyek dalam penelitian ini adalah
seluruh guru PJOK Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sentolo Kabupaten KulonProgo yang memenuhi
ketentuan dari peneliti yang berjumlah 25 guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang dituangkan dalam persentase.
Hasil Penelitian ini menujukan bahwa persepsi guru PJOK Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sentolo
terhadap kurikulum 2013 memiliki rata-rata sebesar 92,76 berkategori Baik. Secara rinci menunjukan
sebanyak 32% (8 guru) memiliki prsepsi sangat baik, 56% (14 guru) memiliki persepsi baik, 8% (2 guru)
memilki persepsi cukup baik, 4% (1 guru) memiliki persepsi tidak baik, dan 0% (0 guru) memiliki
persepsi sangat tidak baik. Persepsi guru PJOK sekolah dasar se-Kecamatan Sentolo terhadap kurikulum
2013 secara keseluruhan menyatakan baik. Hal ini menunjukan bahwa guru PJOK SD se-Kecamatan
Sentolo Kabupaten Kulon Progo memiliki persepsi yang baik terhadap kurikulum 2013, artinya dengan
Persepsi ini guru PJOK Sekolah Dasar se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo menilai
bahwasannya kurikulum 2013 Baik untuk dijalankan sebagai kurikulum berkelanjutan.
Kata kunci: persepsi guru PJOK, kurikulum 2013.
Abstract
This research hintends to find out the PJOK teacher perceptionsof primary school oncurriculum
2013 in Sentolo District.
This research was descriptive quantitative research. Method of the research used was by survey
method with data collection technique using closed questionnaire instrument that passed the validity test
and reliability test with Rtable 707. Research subjects were all teachers of PJOK for Primary Schools in
Sentolo District, Kulon Progo Regency that met the requirements of the researcher totalling 25 teachers.
Data analysis technique applied was by descriptive quantitativeanalysis as outlined in percentage.
Research results show that the perception of PJOK teachers for Primary Schools in Sentolo
District onthe curriculum2013 has an average 92.76 in the Good category. In details, 32% (8 teachers)
have very good perception, 56% (14 teachers) have good perception, 8% (2 teachers) have good
perception, 4% (1 teacher) has poor perception, and 0% (0 teacher) has very bad perception. The
perception of PJOK teachers for Primary School on curriculum 2013 in Sentolo District as a whole is
considered good. This shows that the PJOK Primary School teachers in Sentolo District, Kulon Progo
Regency have good perception on curriculum2013, this means that with this perception the teachers of
PJOK for Primary Schools in Sentolo District, Kulon Progo Regency indicates that the curriculum 2013
is worthy to be run as a sustainable curriculum.
Keywords: PJOK teacher perception, curriculum2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.