PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN PJOK YANG DILAKUKAN OLEH PESERTA DIDIK BERDASARKAN PENDAPAT GURU APPLICATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN PJOK LEARNING DONE BY LEARNER BASED ON TEACHER OPINION

Langgeng Tri Joko, , Indonesia
Agus Sumhendartin Suryobroto, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam pembelajaran PJOK masih membingungkan bagi  guru.  Guru merasa
pendekatan ilmiah yang diterapkan masih kurang sesuai dengan tahapan 5M. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui  pendapat  guru  dari  penerapan  pendekatan  ilmiah  yang  dilakukan  oleh  peserta  didik  dalam
pembelajaran PJOK se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo
Penelitian ini  menggunakan desain penelitian deskriptif  kuantitatif.  Metode penelitian ini  menggunakan
metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah
guru PJOK SD yang mengajar di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo sebanyak 37 guru. Sampel Penelitian
ini yaitu 25 guru PJOK dari 24 SD Negeri di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo yang Sudah menerapkan
Pendekatan Ilmiah dalam pembelajaran PJOK yang dilaksanakan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik  Pusposive Sampling.  Teknik analisis  data menggunakan teknik analisis  deskripsi  dengan
persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.
Hasil  Penelitian itu menunjukkan bahwa pendapat  guru PJOK SD terhadap penerapan Pendekatan Ilmiah
yang dilakukan oleh peserta  didik dalam pembelajaran PJOK se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo
menunjukkan sebanyak 60% (15 orang) guru memiliki pendapat  baik, 40% (10 orang) guru memiliki pendapat
cukup baik, 0% guru memiliki pendapat kurang baik, 0% guru memiliki pendapat tidak baik.  Berdasarkan nilai
rata-rata, yaitu 102,76, pendapat guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masuk dalam kategori “baik”
Kata Kunci: pendapat, guru PJOK, Pendekatan Ilmiah
Abstract
Application of the Scientific Approach in PJOK (Physical  Education, Sport,  and Health) learning is  still
confusing for teachers. Teachers feel the applied scientific approach is still less in line with the 5M stages. The
purpose of this research is to figure out the opinion of teachers from the application of scientific approaches done
by learners in PJOK learning throughout Sentolo District Kulon Progo Regency.
The research used descriptive quantitative research design. This research method used survey method, while
the data collection technique used questionnaire. Population of the research was teachers of PJOK in elementary
school eaching in Sentolo District  Kulon Progo Regency of 37 teachers.  The research samples were 25 PJOK
teachers from 24 elementary schools in Sentolo District Kulon Progo Regency that had applied Scientific Approach
in PJOK learning which had been applied.  The sampling technique of  the  research was  by using Purposive
Sampling Technique.  Data  analysis  techniques  was  by using descriptions  analysis  technique with percentage
categorized into 4 categories that; is good, good enough, less good, and not good.
The  research result  indicates  that  the  opinion of  PJOK elementary school  teacher  on the  application of
Scientific Approach conducted by learners in PJOK learning in Sentolo District Kulon Progo Regency shows that
60% (15 teachers) has good opinion, 40% (10 teachers) has good enough opinion, 0%  (0) teacher has bad opinion,
0% (0) teacher has bad opinion. Based on the average score, that is 102.76, the opinion of physical education and
health teachers is in the "good" category
Keywords: opinion, PJOK teacher, Scientific Approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.