PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN PJOK YANG DILAKUKAN OLEH PESERTA DIDIK BERDASARKAN PENDAPAT GURU APPLICATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN PJOK LEARNING DONE BY LEARNER BASED ON TEACHER OPINION
Agus Sumhendartin Suryobroto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam pembelajaran PJOK masih membingungkan bagi guru. Guru merasa
pendekatan ilmiah yang diterapkan masih kurang sesuai dengan tahapan 5M. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pendapat guru dari penerapan pendekatan ilmiah yang dilakukan oleh peserta didik dalam
pembelajaran PJOK se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan
metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah
guru PJOK SD yang mengajar di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo sebanyak 37 guru. Sampel Penelitian
ini yaitu 25 guru PJOK dari 24 SD Negeri di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo yang Sudah menerapkan
Pendekatan Ilmiah dalam pembelajaran PJOK yang dilaksanakan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik Pusposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi dengan
persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.
Hasil Penelitian itu menunjukkan bahwa pendapat guru PJOK SD terhadap penerapan Pendekatan Ilmiah
yang dilakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran PJOK se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo
menunjukkan sebanyak 60% (15 orang) guru memiliki pendapat baik, 40% (10 orang) guru memiliki pendapat
cukup baik, 0% guru memiliki pendapat kurang baik, 0% guru memiliki pendapat tidak baik. Berdasarkan nilai
rata-rata, yaitu 102,76, pendapat guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masuk dalam kategori “baik”
Kata Kunci: pendapat, guru PJOK, Pendekatan Ilmiah
Abstract
Application of the Scientific Approach in PJOK (Physical Education, Sport, and Health) learning is still
confusing for teachers. Teachers feel the applied scientific approach is still less in line with the 5M stages. The
purpose of this research is to figure out the opinion of teachers from the application of scientific approaches done
by learners in PJOK learning throughout Sentolo District Kulon Progo Regency.
The research used descriptive quantitative research design. This research method used survey method, while
the data collection technique used questionnaire. Population of the research was teachers of PJOK in elementary
school eaching in Sentolo District Kulon Progo Regency of 37 teachers. The research samples were 25 PJOK
teachers from 24 elementary schools in Sentolo District Kulon Progo Regency that had applied Scientific Approach
in PJOK learning which had been applied. The sampling technique of the research was by using Purposive
Sampling Technique. Data analysis techniques was by using descriptions analysis technique with percentage
categorized into 4 categories that; is good, good enough, less good, and not good.
The research result indicates that the opinion of PJOK elementary school teacher on the application of
Scientific Approach conducted by learners in PJOK learning in Sentolo District Kulon Progo Regency shows that
60% (15 teachers) has good opinion, 40% (10 teachers) has good enough opinion, 0% (0) teacher has bad opinion,
0% (0) teacher has bad opinion. Based on the average score, that is 102.76, the opinion of physical education and
health teachers is in the "good" category
Keywords: opinion, PJOK teacher, Scientific Approach
Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam pembelajaran PJOK masih membingungkan bagi guru. Guru merasa
pendekatan ilmiah yang diterapkan masih kurang sesuai dengan tahapan 5M. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pendapat guru dari penerapan pendekatan ilmiah yang dilakukan oleh peserta didik dalam
pembelajaran PJOK se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan
metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah
guru PJOK SD yang mengajar di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo sebanyak 37 guru. Sampel Penelitian
ini yaitu 25 guru PJOK dari 24 SD Negeri di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo yang Sudah menerapkan
Pendekatan Ilmiah dalam pembelajaran PJOK yang dilaksanakan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik Pusposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi dengan
persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.
Hasil Penelitian itu menunjukkan bahwa pendapat guru PJOK SD terhadap penerapan Pendekatan Ilmiah
yang dilakukan oleh peserta didik dalam pembelajaran PJOK se-Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo
menunjukkan sebanyak 60% (15 orang) guru memiliki pendapat baik, 40% (10 orang) guru memiliki pendapat
cukup baik, 0% guru memiliki pendapat kurang baik, 0% guru memiliki pendapat tidak baik. Berdasarkan nilai
rata-rata, yaitu 102,76, pendapat guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masuk dalam kategori “baik”
Kata Kunci: pendapat, guru PJOK, Pendekatan Ilmiah
Abstract
Application of the Scientific Approach in PJOK (Physical Education, Sport, and Health) learning is still
confusing for teachers. Teachers feel the applied scientific approach is still less in line with the 5M stages. The
purpose of this research is to figure out the opinion of teachers from the application of scientific approaches done
by learners in PJOK learning throughout Sentolo District Kulon Progo Regency.
The research used descriptive quantitative research design. This research method used survey method, while
the data collection technique used questionnaire. Population of the research was teachers of PJOK in elementary
school eaching in Sentolo District Kulon Progo Regency of 37 teachers. The research samples were 25 PJOK
teachers from 24 elementary schools in Sentolo District Kulon Progo Regency that had applied Scientific Approach
in PJOK learning which had been applied. The sampling technique of the research was by using Purposive
Sampling Technique. Data analysis techniques was by using descriptions analysis technique with percentage
categorized into 4 categories that; is good, good enough, less good, and not good.
The research result indicates that the opinion of PJOK elementary school teacher on the application of
Scientific Approach conducted by learners in PJOK learning in Sentolo District Kulon Progo Regency shows that
60% (15 teachers) has good opinion, 40% (10 teachers) has good enough opinion, 0% (0) teacher has bad opinion,
0% (0) teacher has bad opinion. Based on the average score, that is 102.76, the opinion of physical education and
health teachers is in the "good" category
Keywords: opinion, PJOK teacher, Scientific Approach
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.